1 Warga Positif Cacar Monyet, Dinkes DKI: Sempat Perjalanan Wisata ke Eropa Barat

Senin, 22 Agustus 2022 - 16:30 WIB
loading...
1 Warga Positif Cacar Monyet, Dinkes DKI: Sempat Perjalanan Wisata ke Eropa Barat
Satu warga DKI Jakarta terkonfirmasi positif cacar monyet setelah perjalanan wisata ke Eropa Barat. Foto/Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan bahwa satu pasien yang terkonfirmasi cacar monyet atau monkeypox asal Jakarta sempat melakukan perjalanan wisata ke sejumlah negara di Eropa Barat.

Diketahui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengonfirmasi temuan virus tersebut pada Sabtu (20/8) kemarin.

”Diketahui pasien tersebut mengalami keluhan kesehatan beberapa hari setelah kembali ke Indonesia, pascaperjalanan wisata ke beberapa negara di Eropa Barat, pada 8 Agustus 2022 lalu,” kata Widyastuti dalam keterangannya, Senin (22/8/2022).

Meski demikian Dinkes DKI berkomitmen terus lanjutkan tracing kontak erat penyakit cacar monyet tersebut. Sejauh ini berdasarkan hasil tracing, pihaknya menemukan tiga orang kontak erat, yang sampai saat ini ketiganya dalam kondisi baik dan tidak mempunyai keluhan kesehatan.

“Sebelum ditemukan kasus pertama ini, kami menerima laporan danmelakukan penyelidikan epidemiologi pada 11 orang terduga yang ditemukan sejak 20 Mei 2022, yang semuanya setelah melalui pemeriksaan laboratorium diketahui negatif cacar monyet,” ungkapnya.



Widyastuti juga menyebut, pihaknya akan terus memantau perkembangan kondisi pasien dan seluruh kontak eratnya. ”Pasien cukup kooperatif dan terbuka dengan tim kami. Kondisi pasien juga sudah membaik,” tuturnya. Baca juga:Ahli Sebut Cacar Monyet Kecil Kemungkinan Jadi Pandemi, Ini Alasannya

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan temuan kasus cacar monyet atau monkeypox pertama di Indonesia. Juru Bicara Kemenkes, Mohammad Syahril mengatakan, ada satu warga positif terdeteksi positif cacar monyet.

”Pasien pertama yang terkonfirmasi cacar monyet berasal dari DKI Jakarta. Dia laki-laki berusia 27 tahun. Penularan berkontak langsung yang bepergian kemarin. Saat ini, pasien saat ini dalam perawatan isolasi mandiri, tidak dirawat di rumah sakit,” kata Syahril.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)