Kasus Pengeroyokan Siswa SMA 70 Berakhir Damai, Ibu Korban: Saya Tak Sampai Hati Mereka Masuk Lapas

Selasa, 16 Agustus 2022 - 09:11 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, pengacara keluarga korban, Rully Arif Prabowo menerangkan, pasca disepakati kasus itu diselesaikan secara restorative justice atau keadilan restorasif melalui perdamaian, 6 pelaku pengeroyok korban akhirnya dibebaskan dari tahanan Polres Jakarta Selatan.

Komitmen dari para pelaku pun telah dijalankan, dimana mereka dan orang tuanya memberikan donasi ke yayasan yang salah satu programnya mengelola anak-anak yang berkebutuhan khusus atau keterbelakangan mental.

Nominal yang wajib diberikan keenam pelaku sebagai tanda itikad baik dan komitmen dari para pelaku, serta sebagai pengingat atas peristiwa pengeroyokan yang terjadi, yaitu sebesar Rp70.022.000 per masing-masing pihak. sehingga seluruhnya berjumlah Rp420.132.000.

"Total jumlah komitmen itu didonasikan seluruhnya kepada yayasan yang telah ditentukan oleh keluarga korban dan langsung ditransfer kepada masing-masing yayasan dimaksud (oleh pihak pelaku)," paparnya.

Yayasan dimaksud yakni Yayasan Indonesia Peduli Anak Berkebutuhan Khusus yang berlokasi di Jakarta, Yayasan Sarana Penghafal Alqur'an Indonesia yang berlokasi di Depok, dan Yayasan Rumah Cahaya Rasullulah yang berlokasi di Bekasi Barat yang bekerja sama dengan Yayasan Al Fajar Berseri yang berlokasi di Tambun Bekasi.

Kemudian, Yayasan Sayap Ibu yang berlokasi di Jakarta, Yayasan Percik Insani Bandung yang berlokasi di Bandung, dan Yayasan Bhakti Luhur yang berlokasi di Malang Jawa Timur.

"Pihak korban setuju dan sepakat untuk mencabut LP dengan membuat BAP pencabutan dan menyerahkan surat permohonan pencabutan LP kepada Kapolres Jakarta Selatan pada hari yang sama, tanggal 10 Agustus 2022. Dengan demikian, kasus pengeroyokan anak di bawah umur dinyatakan telah selesai karena adanya perdamaian," pungkasnya.
(thm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1525 seconds (0.1#10.140)