Kisah Horor Saung Ranggon Bekasi, Tempat Singgah Pangeran Jayakarta dan Pertapaan Soekarno

Minggu, 07 Agustus 2022 - 07:44 WIB
loading...
A A A
”Pernah ada waktu itu ramai-ramai orang datang buat kesenian anak-anak ABG main datang pasang tenda saja, tari topeng, gendang dan jaipong tanpa izin. Entah gimana saat mau mulai itu semua nangis kejar (kesurupan massal),” ungkapnya.

Kemudian, saat tukang perabot yang asal nyelonong naik masuk ke dalam ruangan Saung Ranggon. Di dalam ruangan itu dia bahkan membuka kelambu atau tirai berisi guci dan benda pusaka.

”Saya lagi ada tamu dan ngantar ke atas, ketika tamu turun dia naik ke atas dan membuka sembarang tuh, tiba-tiba mental sampai bawah. Saya tanya kenapa dia bilang minta maaf, katanya melihat pria berjanggut panjang sedang bersila,” ungkapnya.

Tak hanya itu, dalam Saung Ranggon, terdapat sejumlah benda pusaka peninggalan para wali benda-benda itu berupa keris dan belati. Terdapat pula guci berisi air yang hanya bisa di lihat pada waktu-waktu tertentu.

Kisah Horor Saung Ranggon Bekasi, Tempat Singgah Pangeran Jayakarta dan Pertapaan Soekarno


Area luar Saung Ranggong di kelilingi pagar berwarna hijau, untuk masuk ke dalamnya harus menaiki tujuh buah anak tangga di pintu utamanya. Dalam Saung Ranggon itu terdapat ruangan seluas 1 X 2 meter yang ditutup pakai tirai.

Saat masuk terlihat ada sebuah foto Nyi Roro Kidul, Wali Songo dan Presiden Soekarno dalam bingkai di dalam ruangan yang minim pencahayaan tersebut. Ada juga sajadah maupun perangkat alat solat seperti mukena dan sarung, di sekeliling tiap jendala juga ditutupi tirai.

Disamping Saung Ranggon terdapat musola kecil yang terbuat dari kayu dan bambu juga dan dipintu masuk gentong atau guci berisi air ketika seusai berkunjung diwajibkan mencuci muka.Sementara di depan Saung Ranggon terdapat sebuah rumah.

Di area itu juga terdapat sebuah sumur yang memiliki usia sama dengan saung. Ada hal wajib yang harus dikerjakan oleh pengurus atau juru kunci di Saung Ranggon ini. Seperti, mencuci seluruh pusaka yang ada di Saung Ranggon saat Maulid Nabi.

Harus juga diadakan seni tradisional, seperti Tari Jaipong juga ada lagu-lagu wajib yang harus dinyanyikan. ”Semua itu harus, kalau tidak dijalankan pasti dari keluarga kita kena (kesurupan) atau ada aja yang kena masalah,” tutupnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1785 seconds (0.1#10.140)