3 Tempat Ibadah di Jakarta yang Diresmikan Anies, Nomor 2 Dinanti 60 Tahun

Sabtu, 25 Juni 2022 - 17:13 WIB
loading...
3 Tempat Ibadah di Jakarta yang Diresmikan Anies, Nomor 2 Dinanti 60 Tahun
Tempat ibadah di Jakarta sudah banyak yang diresmikan Anies Baswedan selama menjabat Gubernur DKI Jakarta. Foto: MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Tempat ibadah di Jakarta sudah banyak yang diresmikan Anies Baswedan selama menjabat Gubernur DKI Jakarta. Bahkan tempat ibadah yang diresmikan Anies lintas agama.

Anies menegaskan Pemprov DKI berkomitmen menciptakan keadilan serta kesetaraan umat beragama dalam menjalankan ibadah dengan tenang dan nyaman.



Oleh karena itu, Pemprov DKI telah menggelontorkan dana sebesar Rp149 miliar untuk bantuan dana perbaikan serta pembangungan rumah ibadah.

Dana tersebut dikeluarkan setelah dua tahun atau mulai tahun 2019 saat Anies Baswedan memimpin DKI Jakarta

Berikut 3 pembangunan tempat ibadah di Jakarta yang pernah diresmikan Anies Baswedan:

1. Gereja Kristen Indonesia (GKI) Puri Indah

3 Tempat Ibadah di Jakarta yang Diresmikan Anies, Nomor 2 Dinanti 60 Tahun


Anies Baswedan meresmikan Gedung Gereja Kristen Indonesia (GKI) Puri Indah, Taman Permata Buana, Jakarta Barat, Sabtu 6 November 2021. Dalam acara peresmian yang digelar secara hybrid tersebut, Anies mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah berperan dalam mendirikan gereja tersebut.



Saya ucapkan selamat kepada semua yang bekerja. Di depan podium yang berikan sambutan satu-dua orang, tetapi di belakangnya ada ratusan hingga ribuan orang yang bekerja dalam pembangunan gereja ini. Kita berada di GKI hari ini membawa sebuah pesan pada semua tempat bahwa hari ini akan hadir penyebar kedamaian dan keteduhan untuk Jakarta dan Indonesia,” tutur Anies saat itu.

2. Rumah Ibadah Hindu Tamil di Kalideres

3 Tempat Ibadah di Jakarta yang Diresmikan Anies, Nomor 2 Dinanti 60 Tahun


Anies Baswedan melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah ibadah umat Hindu, khusunya bagi etnis Tamil di Jalan Bedugul, Kalideres, Jakarta Barat, Jumat 14 Januari 2020.

Etnis Tamil sudah menanti panjang berdirinya rumah ibadah itu. Hampir 60 tahun Etnis Tamil memperjuangkan rumah ibadah, akhirnya terwujud di tangan Anies.

Anies pun mengaku bersyukur setelah penantian panjang selama 60 tahun akhirnya rumah ibadah bagi agama Hindu Tamil berdiri di Ibu Kota Jakarta.

"Turut berbahagia, akhirnya setelah penantian panjang hampir 60 tahun masyarakat Hindu keturunan Tamil untuk memiliki rumah ibadah sendiri," ujar Anies.

3. Pembangunan Masjid At Tabayyun di Meruya

3 Tempat Ibadah di Jakarta yang Diresmikan Anies, Nomor 2 Dinanti 60 Tahun


Anies Baswedan meletakkan batu pertama pembangunan Masjid At Tabayyun di Taman Villa Meruya, Jakarta Barat, Jumat 27 Agustus 2021.

Peletakan batu pertama masjid di Meruya tersebut dilakukan di tengah protes warga. Kehadiran Anies di sana sempat disambut tepuk tangan sejumlah warga yang menggelar aksi menolak pembangunan masjid.

Setibanya di sana Anies memberikan sambutan beberapa saat, lalu meletakkan batu pertama pembangunan dan menandatangani prasasti. Ia kemudian bergabung dengan sejumlah jamaah untuk menggelar salat jumat.

Pembangunan masjid di Taman Villa Meruya sempat menjadi polemik. Masjid itu rencananya dibangun di atas area fasos seluas 1.078 m2 milik Pemprov DKI.

Warga muslim di Kompleks Perumahan Taman Villa Meruya (TVM) sudah 30 tahun lebih mendambakan pembangunan masjid itu sebagai tempat beribadah mereka. Keinginan warga TVM terwujud pun terwujud di tangan Anies.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)