Maling HP di Masjid Luar Batang Jakut Terekam CCTV

Sabtu, 11 Juni 2022 - 14:00 WIB
loading...
Maling HP di Masjid Luar Batang Jakut Terekam CCTV
Aksi pencurian di Masjid Keramat Luar Batang, Kawasan Penjaringan, Jakarta Utara terekam CCTV. Foto/Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Aksi pencurian terjadi di sebuah Masjid Keramat Luar Batang, Kawasan Penjaringan, Jakarta Utara. Seorang pria mencuri ponsel milik jamaah yang sedang melaksanakan salat subuh, aksi nekat pelaku terekam CCTV setempat.

Berdasarkan rekaman CCTV, maling HP yang mengenakan kaus merah tersebut memasuki SAF wanita. Pelaku kemudian duduk di belakang salah seorang jamaah wanita. Sekitar pukul 5.25 WIB pelaku sempat melihat situasi sekitar.

Melihat seluruh jamaah sedang khusyuk menjalan salat pelaku langsung merogoh tas wanita yang telah diincar mengambil ponsel dan kabur. Baca juga: Terekam CCTV, Maling Kotak Amal di Pesanggrahan Viral di Medsos

Kapolsek Metro Penjaringan Kompol Ratna Quratul Aini mengatakan bahwa setelah mendapat laporan dari warga pihaknya langsung mendalami dan menangkap pelaku.

Menurut Ratna berdasarkan pengakuan pelaku berinisial F (35) bahwasannya pelaku merupakan seorang pengangguran dan melakukan aksi nekatnya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.

”Jadi ini pelaku yang berinisial F ini dia tinggalnya tidak jauh dari situ, kebetulan pada saat kejadian itu, yang bersangkutan tinggal di masjid, tidur di masjid,” kata Ratna, Sabtu (11/6/2022). Baca juga: Kotak Amal Dibobol Maling, Kerugian Rp5 Juta dan Pelaku Terekam CCTV

”Jadi ketika ada peluang, dan dia (pelaku) melihat ada yang lagi sholat, kemudian tasnya tergeletak, kemudian diambil. Motifnya ekonomi karena begitu (diambil) rencananya mau dijual,” sambungnya.



Dijelaskan Ratna, saat nekat menggasak ponsel korban, pelaku tidak berpikir panjang bahwa di lokasi terdapat kamera CCTV. Hal inilah yang membuat Tim Unit Reskrim cepat menangkapnya. Pelaku F dijerat pasal 364 KUHP tentang pencurian ringan.

”Begitu ada kesempatan dia langsung ambil. Tapi ternyata di sana kan ada CCTV, korban laporan ke pihak keamanan masjid, kemudian dilaporkan ke sini. Dari hasil olah CCTV, Unit Reskrim melakukan pencarian, dan menemukan pelaku,” tutupnya.
(ams)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1862 seconds (11.252#12.26)