Aksi Heroik Petugas Gulkarmat Jakut Evakuasi Lansia Sakit di Lantai 2

Senin, 09 Mei 2022 - 21:04 WIB
loading...
Aksi Heroik Petugas Gulkarmat Jakut Evakuasi Lansia Sakit di Lantai 2
Petugas Suku Dinas Gulkarmat bersama Suku Dinsos Jakarta Utara melakukan evakuasi seorang lansia BHW (72) yang sakit di lantai 2 rumahnya. Foto: MNC Portal/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan ( Gulkarmat ) Jakarta Utara bersama Suku Dinas Sosial ( Dinsos ) Jakarta Utara melakukan evakuasi seorang lansia BHW (72) yang sakit.BHW diketahuin sudah lemah tak berdaya.

BHW saat itu berada di lantai dua rumah yang dihuninya Jalan Pademangan II, Gang VIII, Jakarta Utara. Parahnya lagi, dirinya sudah tidak makan selama empat hari.

Melihat kondisi tersebut, warga sekitar langsung bergegas melaporkan hal ini kepada petugas (Gulkarmat dan Sudinsos) untuk mengevakuasi BHW dari lantai atas yang di tinggalinya seorang diri.

Perwira piket Gulkarmat sektor Pademangan, Hadi Susilo mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari warga ada yang sakit dan berada di lantai 2. Namun tinggal seorang diri.



"Kita upayakan untuk evakuasi, alhamdulillah evakuasi berlangsung dengan baik, korban juga selamat," kata Hadi saat dikonfirmasi, Senin (9/5/2022).

Dijelaskan Hadi, saat melakukan evakuasi korban di lantai atas. Petugas mengalami kesulitan, lantaran tempat sampah yang ditinggalinya dipenuhi sampah. Sehinggapetugas sulit membawa tandu.

Petugaspun akhirnya mendobrak balkon rumah dan memasangkan tangga dari atas ke bawah. BHW pun langsung diikat dengan menggunakan tandu. Usai dievakuasi, korban langsung dibawa ke RSUD Koja guna penanganan lebih lanjut.

"Kendala yang kami alami adalah akses dari jalan bawah rumahnya ini tertutup oleh tumpukan sampah. Sehingga anggota kami yang hendak evakuasi dari lantai bawah tidak bisa. Akhirnya kami memasang tangga untuk akses menurunkan korban," tuturnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)