4 Tempat Angker di Kebun Raya Bogor, Nomor 3 Makam Istri Prabu Siliwangi

Senin, 09 Mei 2022 - 17:50 WIB
loading...
4 Tempat Angker di Kebun Raya Bogor, Nomor 3 Makam Istri Prabu Siliwangi
Pengunjung berwisata di Kebun Raya Bogor, Kamis (5/5/2022). Selain menyajikan pemandangan yang hijau dan suasana sejuk, Kebun Raya Bogor juga menyimpan cerita mistis. Foto: Antara
A A A
JAKARTA - Terdapat 4 tempat angker di Kebun Raya Bogor (KRB) . Konon di empat tempat itu kerap diselimuti suasana mistis.

Diketahui, KRB merupakan salah satu kebun raya yang ada di Indonesia. Berdiri pada 18 Mei 1817, KRB memiliki 12.531 koleksi tumbuhan di area seluas 87 hektare.
Baca juga: Kisah Misteri Gunung Gede Pangrango, Raksasa Hitam hingga Kuntilanak

Selain menyajikan pemandangan yang hijau dan suasana sejuk, Kebun Raya Bogor juga menyimpan cerita mistis. Berikut 4 tempat angker di Kebun Raya Bogor yang dihimpun dari berbagai sumber, Senin (9/5/2022):

1. Makam Belanda
Makam Belanda yang terdapat di area Kebun Raya Bogor sudah ada jauh sebelum KRB berdiri pada 1817. Kompleks makam di belakang Istana Bogor ini dikelilingi pohon-pohon bambu. Terdapat 42 makam di kompleks makam Belanda di mana empat di antaranya tidak memiliki identitas. Dari deretan batu nisan yang ada, diketahui nisan yang paling awal adalah milik Cornelis Potmans yang wafat pada tahun 1784.

Di tempat ini konon sering terlihat berbagai penampakan. Penampakan tersebut berupa kucing yang menjelma menjadi harimau. Selain itu, ada pula penampakan kuntilanak dan sosok pria berbulu lebat. Tempat angker ini semakin mencekam dengan hadirnya suara-suara menyeramkan yang kerap terdengar.
4 Tempat Angker di Kebun Raya Bogor, Nomor 3 Makam Istri Prabu Siliwangi

Makam kuno Belanda. Foto: Dok SINDOnews

2. Kolam Gunting
Lokasi Kolam Gunting berada di belakang Istana Bogor atau dekat pintu masuk utama Kebun Raya Bogor. Dinamakan Kolam Gunting jika terlihat dari atas, kolam ini menyerupai bentuk seperti gunting dengan pulau kecil di tengahnya. Pengunjung yang berada di sekitaran kolam akan menyaksikan kolam indah dengan air mancur dan bunga teratai merah muda.

Walau memberikan kesan cantik, namun terdapat sebuah rumor tentang kemistisan tempat ini. Di Kolam Gunting konon pernah ada penampakan sosok hitam dan besar yang merupakan penjaga kolam.

Ada juga yang mengaku melihat ular berukuran sangat besar muncul dari dalam kolam lalu menghilang seketika. Selain itu juga terdapat penampakan noni Belanda yang merupakan Lady Raffles, istri Thomas Stamford Raffles yang monumennya tak jauh dari kolam tersebut.
4 Tempat Angker di Kebun Raya Bogor, Nomor 3 Makam Istri Prabu Siliwangi

Kolam Gunting, KRB. Foto: Okezone

3. Kompleks Makam Istri Prabu Siliwangi
Kompleks makam istri Prabu Siliwangi memiliki luas sekitar 200 meter persegi yang dilindungi pagar besi. Lokasinya tak jauh dari Jembatan Merah Gantung, yang merupakan salah satu ikon di Kebun Raya Bogor. Tempat ini sering dihindari lantaran suasananya yang berbeda dan menyeramkan ditambah lagi letaknya yang lumayan jauh dan gelap.

Konon ada peziarah yang urung mendatangi makam ini untuk berdoa karena ada dua hewan putih dengan loreng hitam yang menjaga jalan menuju makam. Diketahui hewan tersebut merupakan harimau putih milik Prabu Siliwangi. Tak hanya terdapat makam Istri Prabu Siliwangi, di kompleks makam ini juga terdapat tiga makam lainnya, yakni makam Mbah Baul, Mbah Jepra, dan Solendang Galuh Pangkuan. Ketiganya merupakan petinggi Kerajaan Siliwangi pada masa lampau.
4 Tempat Angker di Kebun Raya Bogor, Nomor 3 Makam Istri Prabu Siliwangi

Makam istri Prabu Siliwangi. Foto: Okezone

4. Laboratorium
Tidak jauh dari Monumen Lady Raffles, ada sebuah bangunan yang semula berfungsi sebagai laboratorium. Laboratorium ini dinamakan Laboratorium Treub sesuai dengan nama pendirinya Melchior Treub, ahli botani berkebangsaan Belanda.

Di tempat ini, konon beberapa petugas yang pernah membersihkan rumput di area laboratorium kerap mendengar suara-suara aneh dari dalam bangunan. Tak hanya itu, petugas juga sering melihat penampakan wanita bule dan sosok tinggi besar berwarna hitam. Seorang petugas yang menyaksikan itu bahkan ada yang sampai jatuh sakit karena melihat penampakan di laboratorium.
4 Tempat Angker di Kebun Raya Bogor, Nomor 3 Makam Istri Prabu Siliwangi

Laboratorium Treub. Foto: Instagram Mandiadly
(jon)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1099 seconds (10.55#12.26)