Kapal Bina Karya Rusak Kemudi, 140 Wisatawan yang Ingin ke Pulau Pramuka Dievakuasi

Rabu, 04 Mei 2022 - 20:55 WIB
loading...
Kapal Bina Karya Rusak Kemudi, 140 Wisatawan yang Ingin ke Pulau Pramuka Dievakuasi
Kapal KM Bina Marga ditarik dari Pulau G menggunakan kapal milik Dishub DKI menuju Dermaga Kali Adem, Jakarta Utara. Foto: MPI/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sebuah kapal pengangkut140 penumpang menuju Pulau Pramuka yang berangkat dari Dermaga Kali Adem putar balik karena mengalami kerusakan pada bagian kemudi. Diketahui, kapal itu bernama Kapal Motor (KM) Bina Karya.

Kapolsek Kawasan Sunda Kelapa Kompol Seto Handoko Putra mengatakan, KM Bina Karya tersebut mengangkut 140 penumpang. Berangkat dari Dermaga Kali Adem sekitar pukul 09.30 WIB.

"Mengalami kerusakan kemudi di sekitar Pulau G," kata Handoko kepada wartawan melalui keterangan tertulisnya, Rabu (4/5/2022).

Kemudian, kata dia, kapal tersebut dievakuasi mengunakan kapal milik Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta ke Dermaga Kali Adem.

"Selanjutnya kapal KM Bina Karyadievakusi dan ditarik kembali menuju Dermaga Kali Adem menggunakan Kapal Kerja milik Dishub DKI," imbuhnya.



Handoko menjelaskan, untuk penumpang saat ini masih menunggu kapal pengganti yang akan memberangkatkan kembali ke Pulau Pramuka. Ia menyatakan, untuk saat ini terdapat dua KM pengganti yang disiapkan, yakni KM Raksasa dan KM Pesona Alam.

"Sedangkan untuk keberangkatan nya masih menunggu diantara dua kapal alternatif yang disiapkan, kapal mana yang sandar lebih dahulu untuk membawa penumpang dari KM Bina Karya," ujar Handoko.

Ia menambahkan, kemungkinan akan terjadi penumpukan penumpang karena tingginya antusias warga untuk berwisata ke Pulau Seribu.

"Dengan meningkatnya masyarakat yang akan berwisata ke Pulau Seribu unit intelkam Polsek Kawasan Sunda Kelapa tetap monitoring agar situasi tetap kondusif," pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2241 seconds (0.1#10.140)