Pemkot Jakut Jamin Normalisasi Kali Adem Rampung Desember

Kamis, 27 Agustus 2020 - 06:22 WIB
loading...
Pemkot Jakut Jamin Normalisasi Kali Adem Rampung Desember
Dalam pengerjaan normalisasi Kali Adem, Suku Dinas SDA Jakut menargetkan pengerjaan normalisasi sekaligus pengerukan kali rampung awal Desember mendatang. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dalam pengerjaan normalisasi Kali Adem, Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara (Jakut) menargetkan pengerjaan normalisasi sekaligus pengerukan kali rampung awal Desember mendatang.

(Baca juga: Ganti Rugi Disepakati, Warga Cipinang Melayu Dukung Normalisasi Kali Sunter Dilanjutkan)

Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Utara, Adrian Mara Maulana mengatakan, pengerjaan pengerukan Kali Adem sudah dilaksanakan sejak dua pekan lalu. "Bagian Kali Adem di segmen PIK yang awalnya memiliki lebar 74 meter, akan dilebarkan menjadi 115 meter," kata Adrian, Rabu (26/8/2020).

Adrian menjelaskan jika petugas di lapangan sudah melakukan pengerukan sekitar 500 meter. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan lebar kali dari 74 meter menjadi 115 meter. (Baca juga: Atasi Banjir, Pemprov DKI Prioritaskan Pembebasan Lahan dan Pembelian Pompa)

"Untuk target Kali Adem segmen PIK sepanjang 3,2 kilometer sudah kami keruk sekitar 500 meter, harapannya dapat menambahkan kapasitas air. Agar daya tampung air rob laut bisa lebih besar dari kondisi eksisting," ungkapnya.

Selain itu, pengembalian trase kali ini sesuai RDTR (Rencana Detail Tata Ruang), beserta kedalamannya. Dari kondisi eksisting ketinggian lumpur dengan permukaan air enggak sampai 20 sentimeter akan diperdalam menjadi tiga meter.

"Pengerjaannya kita ketahuan empat unit amfibi besar dan satu long ekskavator. Pengurasan terus kita lakukan sampai awal Desember," ucap Adrian.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)