Arti Kode 86 Tak Hanya di Kepolisian, Tapi Bahasa Pergaulan di Negara Barat

Rabu, 04 Mei 2022 - 13:40 WIB
loading...
Arti Kode 86 Tak Hanya di Kepolisian, Tapi Bahasa Pergaulan di Negara Barat
Arti Kode 86 di kepolisian dan bahasa gaul. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Istilah “86” sudah sangat familiar dalam dunia kepolisian. Meskipun masyarakat umum mengetahui penggunaan istilah tersebut, namun apa sebenarnya arti dari angka 86 ini kerap membuat orang bertanya-tanya.

Di beberapa acara televisi, istilah ini juga sering terdengar melalui ungkapan “Siap 86”. Lantas, apa arti angka 86 di dalam kepolisian tersebut?

Kode 86 semula merupakan sandi rahasia yang hanya dimengerti oleh polisi. Angka 86 adalah sebuah kode yang berarti memahami atau mengerti lawan bicara yang memberikan sebuah perintah.

Biasanya kode ini diucapkan ketika mendapat perintah dan membutuhkan kode untuk menjawabnya. Kode 86 juga menjadi istilah komunikasi polisi, baik di handy talky maupun komunikasi secara langsung saat berbicara di lapangan dan sedang menjalankan tugas.

Bukan hanya agka 86, dunia kepolisian memiliki pula berbagai kode angka lainnya, misalnya kode 102 dan 813. Kedua kode ini berkaitan dengan kode 86, yang bermakna dimengerti.

Kode 102 memiliki arti menanyakan suatu posisi, sementara kode 813 berarti siap melaksanakan tugas yang diberikan pimpinan. Menjawab dengan kode itu ternyata ada manfaatnya, yakni mempermudah dan memperingkas komunikasi dengan makna yang jelas.

Dalam perkembangannya, kode ini semakin luas digunakan. Sayang, penyebutan kode 86 ini bergeser kepada hal yang menyiratkan konotasi negatif. Baca juga: Kepolisian Diminta Tiru Keteladanan Jenderal Polisi Hoegeng

Istilah 86 sering dipakai saat seseorang memberikan sejumlah uang untuk oknum polisi dengan maksud agar polisi tersebut dapat melancarkan penanganan kasusnya. Kode 86 ini kemudian diplesetkan menjadi bermakna “saling mengerti dan saling membantu”.

Tak hanya dipakai di dalam negeri saja, kode ini juga ternyata dipakai di luar negeri namun ternyata artinya berbeda. Di barat, kode 86 berarti “membatalkan atau membubarkan”, “untuk menghalangi atau memberikan layanan lebih lanjut”, hingga “untuk membunuh.”

Penggunaan pertama yang dapat diverifikasi dari kode 86 ini, menurut Oxford English Dictionary, berarti “untuk menolak layanan” yang terdapat dalam sebuah buku tentang John Barrymore terbitan tahun 1994.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0924 seconds (0.1#10.140)