4 Dirintelkam Polda Metro Jaya dalam Sewindu Terakhir, Nomor 1 Melenggang Jadi Kapolda

Kamis, 23 Mei 2024 - 14:55 WIB
loading...
4 Dirintelkam Polda Metro Jaya dalam Sewindu Terakhir, Nomor 1 Melenggang Jadi Kapolda
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto memimpin upacara pelantikan dan serah terima jabatan sejumlah Pejabat Utama di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Jumat (29/12/2023). FOTO/DOK.HUMAS POLRI
A A A
JAKARTA - Terdapat 4 Dirintelkam Polda Metro Jaya dalam sewindu atau 8 tahun ke belakang. Salah satunya adalah mantan Kapolda di 2 daerah berbeda.

Direktorat Intelijen dan Keamanan (Ditintelkam) memiliki tugas seperti melakukan penyelidikan, pengamanan, dan penggalangan untuk keperluan pelaksanaan tugas dan fungsi kepolisian. Hal ini terutama untuk berjalannya penegakan hukum, pembinaan kamtibmas, serta keperluan tugas bantuan pertahanan dan kekuatan.

Polda Metro Jaya tercatat memiliki sederet nama yang pernah menjabat sebagai Dirintelkam. Berikut ini daftarnya dalam sewindu terakhir atau periode 2016-2024.


Dirintelkam Polda Metro Jaya Sewindu Terakhir

1. Irjen Pol Merdisyam

4 Dirintelkam Polda Metro Jaya dalam Sewindu Terakhir, Nomor 1 Melenggang Jadi Kapolda

FOTO/DOK.POLRI

Irjen Pol Merdisyam merupakan salah seorang perwira tinggi (Pati) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Saat ini, ia aktif menjabat Wakabaintelkam Polri.

Melihat ke belakang, jebolan Akpol 1991 ini pernah menjadi Dirintelkam Polda Metro Jaya. Posisi ini ditempati pada periode 2016 hingga 2018.

Pada sepak terjangnya, sejumlah posisi penting lain juga sempat diduduki Merdisyam. Sebut saja seperti Dirsosbud Baintelkam Polri (2018), Kapolda Sulawesi Tenggara (2019) hingga Kapolda Sulawesi Selatan (2020).

Setelah itu, barulah Merdisyam ditarik ke Mabes Polri untuk menduduki jabatan Wakabaintelkam pada 2021. Waktu itu, ia menggantikan Irjen Suntana.

2. Irjen Pol Umar Effendi

4 Dirintelkam Polda Metro Jaya dalam Sewindu Terakhir, Nomor 1 Melenggang Jadi Kapolda

FOTO/DOK.HUMAS POLRI

Saat ini, Irjen Pol Umar Effendi tengah bertugas sebagai Dosen Kepolisian Utama Tk. I STIK Lemdiklat Polri. Sebelum itu, ia juga sempat menjadi Wakapolda Lampung (2023-2024).

Umar Effendi diketahui sebagai lulusan Akademi Kepolisian (Akpol). Berpengalaman dalam bidang intelijen, ia pernah menjadi Dirintelkam Polda Metro Jaya periode 2018-2020.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)
pixels