Rekor Baru, Hari Ini 896 Penerbangan Terbangkan Pemudik dari Bandara Soetta

Jum'at, 29 April 2022 - 15:55 WIB
loading...
Rekor Baru, Hari Ini 896 Penerbangan Terbangkan Pemudik dari Bandara Soetta
Penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) tembus 896 kali pada Jumat (29/4/2022) atau hari kedua puncak arus mudik Lebaran. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
TANGERANG - Penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) tembus 896 kali pada Jumat (29/4/2022) atau hari kedua puncak arus mudik Lebaran. Jumlah tersebut rekor baru setelah dua tahun, dan hampir mendekati angka normal saat sebelum pandemi, dimana total pergerakan pesawat mencapai 1.200 penerbangan.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Agus Haryadi menerangkan, peningkatan pergerakan pesawat maupun penumpang kerap terjadi pada akhir pekan. Meski demikian total 896 penerbangan terbilang cukup tinggi selama masa angkutan Lebaran.

Baca juga: Hari Ini Diperkirakan Puncak Mudik di Bandara Soetta, Extra Flight Paling Banyak ke Jawa Tengah

"Hari Jumat dan Minggu memang selalu lebih tinggi, trennya memang seperti itu. Angka normalnya selama musim angkutan Lebaran itu sekitar 850 penerbangan," ujarnya.

Jumlah pergerakan pesawat hari ini masih didominasi oleh penerbangan domestik sebanyak 833 penerbangan, dengan rute favorit mulai dari Pulau Jawa, hingga Sumatera.

Agus memprediksi pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta hingga 5 hari setelah Lebaran akan menyentuh angka 2,3 juta pergerakan penumpang.

Baca juga: Puncak Arus Mudik, 136 Ribu Penumpang Padati Bandara Soetta

"Berdasarkan data survei dari Kementerian Perhubungan dengan 9 juta pergerakan penumpang di sektor udara pada masa mudik ini, kita optimis 2,3 juta-nya ada di Bandara Soetta,".



Adapun untuk arus balik mudik Lebaran diprediksi akan terjadi terjadi pada H+5 Lebaran dengan angka kurang lebih 154 ribu pergerakan penumpang.

"Puncak arus mudik kita prediksi pada H+5 dengan pergerakan yang kurang lebih sama dengan hari ini. Dan setelah selesai masa angkutan mudik lebaran, kita juga prediksi angka pergerakan penumpang hanya tembus 80 ribu," ungkapnya.
(thm)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2338 seconds (10.177#12.26)