Bantu Amankan Ibu Kota, Lantamal III Jakarta Siapkan 200 Pasukan PHH

Senin, 11 April 2022 - 13:52 WIB
loading...
Bantu Amankan Ibu Kota, Lantamal III Jakarta Siapkan 200 Pasukan PHH
Lantamal III Jakarta mempersiapkan ratusan personel Pasukan Penindakan Huru Hara (PHH) untuk menjaga keamanan Jakarta.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Lantamal III Jakarta mempersiapkan ratusan personel Pasukan Penindakan Huru Hara (PHH) untuk menjaga keamanan Jakarta. Kesiapan personel PHH ini mengantisipasi adanya aksi anarki dalam demo 11 April 2022.

Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq mengatakan sebagai salah satu satuan kewilayahan, pihaknya telah menyiapkan 2 SSK (200 personel) terdiri dari 1 SSK Yonmarhanlan III dan 1 SSK gabungan Denma dan Satrol Lantamal III. Sementara Lanal Jajaran menyiapkan 1 SST.

"Pasukan PHH ini sebagai antisipasi apabila dalam unjuk rasa nantinya ditunggangi provokator atau oknum yang tidak menginginkan unjuk rasa berjalan tertib dan akhirnya menimbulkan tindakan-tindakan Anarki,” kata Farouq melalui keterangan tertulis pada Senin (11/4/2022).

Menurut Farouq, persiapan pasukan ini dilaksanakan atas perintah Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa melalui video conference kepada seluruh jajaran satuan operasional dan satuan kewilayahan.

Di mana kegiatan unjuk rasa (unras) yang dilakukan oleh mahasiswa secara resmi atas izin instansi terkait yang merupakan hak setiap warga negara untuk menyampaikan aspirasi di depan umum maupun institusi tertentu. Baca: Mahasiswa Akan Turun ke Jalan, Kodam Jaya Terjunkan 1.330 Personel TNI

Lebih lanjut dikatakan bahwa, tugas pokok TNI adalah melaksanakan Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Salah satu tugas yang saat ini kita lakukan adalah membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam undang-undang

"Tugas yang kami lakukan adalah membantu Kepolisian. Dalam menjalankan tugas operasi, yang paling utama untuk diperhatikan adalah faktor keamanan, baik personel maupun material yang kita gunakan serta jangan ceroboh dilapangan dan tetap kontrol dengan Kodal," ucapnya.
(hab)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1793 seconds (11.97#12.26)