alexametrics

Ratusan Pedagang Pasar di Sawah Besar Dites Swab

loading...
Ratusan Pedagang Pasar di Sawah Besar Dites Swab
Kegiatan tes swab di Pasar Atom Pasar Baru, Sawah Besar, Rabu (17/6/2020). Foto: SINDOnews/Komaruddin Bagja
A+ A-
JAKARTA - Kegiatan tes swab terus menyasar pedagang pasar di Jakarta guna mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19). Kali ini menyasar pedagang pasar di kawasan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Kegiatan tes swas ini dilakukan oleh Polsek Sawah Besar dan Pemkot Jakarta Pusat. Beberapa lokasi tes swab antara lain Pasar Atom Baru, Mangga Dua Selatan, dan sejumlah tempat perbelanjaan lain. Targetnya akan ada 200 pedagang yang mengikuti tes swab.

"Kami lakukan dua hari. Hari ini 100, besok 100, karena kan ganjil genap pedagang," ujar Kapolsek Sawah Besar Kompol Eliantoro Jalmaf di Pasar Atom Pasar Baru, Sawah Besar, Rabu (17/6/2020). (Baca juga:: Update Pedagang Pasar di Jakarta Positif Covid-19, Ikappi Masih Tunggu Hasil Swab Test)

Terlihat ada sejumlah petugas medis berpakaian hazmat melakukan pengecekan terhadap pengunjung dan pedagang pasar. Eliantoro mengatakan, tes swab bertujuan untuk memetakan apakah ada pedagang yang terpapar Covid-19 . Pasalnya, tempat perbelanjaan rawan menjadi kluster penyebaran virus Corona. "Jadi bisa dilihat dimana saja penyebaran Covid terjadi agar bisa diambil langkah selanjutnya," jelas Eliantoro.



Hasil tes swab ini akan diketahui setelah dua hingga tiga hari. Apabila hasilnya ada yang positif terpapar Covid-19, pedagang akan dikarantina. "Kalau ada yang positif langsung dikarantina ke RS Darurat Wisma Atlet. Bisa juga dilakukan karantina mandiri," ucap Eliantoro. (Baca juga: Takut di Test Covid-19, Pedagang Pasar Rawa Belong Tutup Toko)

Pasar tersebut juga akan langsung disemprot disinfektan dan dibersihkan. Ia berharap pedagang tidak panik dengan adanya kegiatan ini. "Pedagang jangan sampai ada kesan takut dan parno. Ini untuk memastikan protokol kesehatan berjalan baik," tutup Eliantoro.
(thm)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak