Pertama di Jakarta, Pemilihan Ketua RW Diikuti 20 Kandidat

Jum'at, 25 Maret 2022 - 11:38 WIB
loading...
Pertama di Jakarta, Pemilihan Ketua RW Diikuti 20 Kandidat
20 kandidat Ketua RW 17 Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, menyaksikan secara langsung pemungutan suara yang digelar Kamis, 24 Maret 2022 malam.Foto/SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Pesta demokrasi pemilihan Ketua Rukun Warga (RW) 17, Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara yang digelar pada Kamis, 24 Maret 2020 malam memecahkan rekor di DKI Jakarta. Dalam pemilihan ini diikuti dua puluh kandidat yang berasal dari warga setempat.

Lurah Tugu Utara, Handayani menuturkan, pemilihan Ketua RW 17 menjadi sejarah tersendiri bagi warga Kelurahan Tugu Utara. Pasalnya dalam pemilihan ini menjadi sejarah pertama di Provinsi DKI Jakarta karena diikuti 20 kandidat.

"Alhamdulillah semalam kita telah terlaksana pemilihan Ketua RW 17 yang kandidatnya mencapai 20 orang. Ini pertama kali di Kelurahan Tugu Utara dan mungkin pertama kali juga di DKI Jakarta," Kata Handayani saat dikonfirmasi, Jumat (25/3/2022).

Handayani memastikan, banyaknya kandidat dalam pemilihan Ketua RW 17 telah sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta tentang Pedoman Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW), yang mana setiap warga berhak memilih dan dipilih.

Hal itu mencerminkan pesta demokrasi di dalam kehidupan masyarakat setempat. "Tidak ada larangan warga RW 17 untuk mencalonkan menjadi RW. Ini pesta demokrasi, siapa saja boleh mencalonkan RW," jelasnya.

Dari hasil pemilihan suara, kandidat petahana, Sobirin kembali terpilih menjadi Ketua RW 17 periode 2022 sampai dengan 2027 dengan raihan 38 suara. Sedangkan kandidat lainnya seperti Rico meraih 36 suara, Andika meraih satu suara, Rato Adi meraih satu suara, dan enam belas lainnya nihil suara yang didapatkan.

"Hasil pemilihan Ketua RW 17 malam tadi sah karena sudah sesuai dengan mekanisme yang ada, kalau memang ada kandidat yang tidak puas maka sebaiknya bisa intervensi melalui jalur hukum sesuai dengan Pakta Integritas yang telah dibacakan dan ditandatangani setiap kandidat," pungkasnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)