PKL Masjid Istiqlal Keluhkan Relokasi: Kami Butuh Makan

Jum'at, 25 Maret 2022 - 02:10 WIB
loading...
PKL Masjid Istiqlal Keluhkan Relokasi: Kami Butuh Makan
Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat mulai menindaklanjuti relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) yang manggkal di sekitar Kawasan Masjid Istiqlal. Foto: MPI/Rizky Syahrial
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat mulai menindaklanjuti relokasi Pedagang Kaki Lima ( PKL ) yang manggkal di sekitar Kawasan Masjid Istiqlal, Kamis 24 Maret 2022. PKL yang sudah lama berjualan di area ini mengeluhkan kebijakan tersebut.

Fatimah, selaku pedagang di kawasan pintu tujuh (As Salam) mengeluhkan kebijakan ini. Ia mengaku, sangat menderita karena harus kena dampak dari relokasi ini.

"Kami selaku pedagang sangat menderita. Apalagi selama ada virus Covid-19, kami tidak ada pemasukan sama sekali. Kami butuh makan, kami butuh uang untuk membayar sekolah anak," katanya di Jakarta, Kamis 24 Maret 2022.

Dia juga mengatakan, Pengelola Masjid Istiqlal pernah menjanjikan untuk menata PKL di kawasan pintu tujuh. Tetapi Fatimah tidak pernah merasakan adanya tindak lanjut dari pihak pengelola.

"Katanya mau ditata, mau dikasih UKM. Ternyata kami digusur sampai sekarang tidak ada kejelasan," ujarnya.

Senada dengan Fatimah, Arum juga mengeluhkan relokasi itu. Mengapa tidak dipindahkan ke dalam Kawasan Masjid Istiqlal. Sampai sekarang, kejelasan ini pun tidak kunjung datang.

"Malah pedagang baru semua yang di dalam. Yang di luar (pedagang lama) tidak diutamakan. Kita kan sudah lama di sini," kata Arum.

Pedagang suvenir cendera mata khas Jakarta, Ocid juga merasa tidak nyaman dengan relokasi ini. Sebab Masjid Istiqlal merupakan salah satu kawasan yang dituju oleh turis dari berbagai kota maupun mancanegara.

"Apalagi saat bulan Ramadhan pengunjung akan banyak. Saya kan jual aksesoris oleh-oleh khas dari Masjid Istiqlal atau Monas. Kalau saya di relokasi ke Palmerah, saya enggak terima. Karena dagangan saya kan bukan baju dan sendal," terangnya.

Sebelumnya, sebanyak 50 PKL di Masjid Istiqlal direlokasi menjelang Ramadhan. Nantinya mereka akan dipindah ke Lokasi Binaan (Lokbin) Abdul Ghani di Johar Baru dan Palmerah.



Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengatakan, tata ulang PKL bagian dari menindaklanjuti permintaan pengelola masjid. Sebab Masjid Istiqlal akan rutin dibuka kembali saat Ramadhan.

"Penataan akan dilakukan secara persuasif dan sosialisasi terhadap para PKL," ujar Irwandi, Kamis 24 Maret 2022.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1357 seconds (0.1#10.140)