BMKG Jelaskan Fenomena Hujan Es di Tangerang Selatan

Senin, 14 Maret 2022 - 17:32 WIB
loading...
BMKG Jelaskan Fenomena Hujan Es di Tangerang Selatan
Viral di media sosial hujan es disertai angin kencang terjadi di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan pada Senin (13/3/2022). Foto/Tangkapan Layar
A A A
TANGERANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Ciputat, menjelaskan soal munculnya fenomena hujan es yang rata mengguyur wilayah di Kota Tangerang Selatan, Senin (14/3/22).

Bidang Prakiraan awan (Prakirawan) BMKG Wilayah Ciputat II, Hilma Nurul menerangkan, jika fenomena hujan es terjadi akibat proses pembentukan kondensasi uap es melalui pendinginan di atmosfer pada lapisan di atas level beku.

"Proses lain yang dapat menyebabkan hujan es adalah pembekuan, di mana uap air lewat dingin tertarik ke permukaan benih-benih es. Karena terjadi pengembunan yang tiba-tiba sehingga akhirnya terbentuklah es dengan berbagai ukuran," jelasnya.

Sejumlah wilayah di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dilanda hujan disertai butiran es. Hujan turun cukup lebat hampir merata di seluruh lokasi.

Dari informasi yang dihimpun, hujan es itu turun mengguyur di wilayah Setu, Pamulang, Ciputat, Serpong, sekira pukul 16.00 WIB. Kejadian langka tersebut sempat diunggah ke media sosial."Hujan es terjadi di wilayah Kota Tangerang Selatan, pada Senin (14/3/2022)," tulis keterangan akun instagram @tangsel_update.

Salah satu warga Perumahan Panorama Serpong, Bakti Jaya, Setu, Athifah Hidayat (35) mengatakan, hujan turun disertai angin kencang. Menurutnya, butiran es yang turun menimpa atap kanopi rumah memberi efek suara berbeda dari hujan biasanya.

"Suaranya juga berisik di atap kanopi kayak kejatuhan pasir-pasir kecil, ternyata tetangga juga pada rame bilang hujan es," ungkapnya dihubungi terpisah.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1291 seconds (0.1#10.140)