Sosok KH Ma’mun Nawawi, Murid KH Hasyim Asy’ari Penggembleng Laskar Hizbullah di Cibarusah Bekasi

Sabtu, 19 Februari 2022 - 05:00 WIB
loading...
Sosok KH Ma’mun Nawawi, Murid KH Hasyim Asy’ari Penggembleng Laskar Hizbullah di Cibarusah Bekasi
KH Ma’mun Nawawi (Mama Cibogo). Foto/Istimewa
A A A
BEKASI - Laskar Hizbullah begitu heroik mengusir penjajah dari Indonesia, tahukah siapa di balik laskar gagah pemberani itu? Sosok tersebut adalah KH Ma’mun Nawawi, murid KH Hasyim Asy’ari.

KH Ma’mun Nawawi (Mama Cibogo) merupakan pendiri dan penggembleng Laskar Hizbullah. Tokoh NU ini juga mendirikan pondok pesantren Al Baqiyatus Sholihat di Cibarusah, Kabupaten Bekasi pada tahun 1938.

KH Ma’mun Nawawi dikenal sebagai ulama produktif. Hingga akhir hayatnya, ulama yang lahir pada tahun 1912 ini berhasil melahirkan 63 kitab. Selain ulama, Ma’mun Nawawi dikenal sebagai cendekiawan. Baca juga: Kisah KH Hasyim Asy'ari dan KH Ahmad Dahlan, Dua Tokoh Satu Guru

Kitab yang dia lahirkan bahkan menjadi referensi umum untuk mempelajari ilmu falaq dan astronomi. Tidak hanya di Indonesia, kitab dia digunakan juga oleh para mahasiswa Asia Tenggara dan Timur Tengah.

Selain memiliki ilmu pengetahuan yang luas, Ma’mun Nawawi pun turut serta dalam perjuangan bangsa. Dia berperan aktif dalam pembentukan Laskar Hizbullah. Hal itu dibuktikan dengan dilaksanakannya pelatihan semi militer bagi para santri di Pondok Pesantren Al Baqiyatus Sholihat yang dipimpinnya.

Pasca pelatihan, Laskar Hizbullah diterjunkan ke berbagai medan pertempuran seperti di Jombang, Jawa Timur di bawah pimpinan KH Wahid Hasyim, di Surabaya di bawah pimpinan Bung Tomo dan di Bekasi dibawah komando pahlawan nasional KH Noer Alie.

Sosok KH Ma’mun Nawawi, Murid KH Hasyim Asy’ari Penggembleng Laskar Hizbullah di Cibarusah Bekasi

Foto: NU.or.id

Selain sibuk dengan menebar ilmu-ilmu agama, Kiai Ma’mun Nawawi juga mempunyai peranan penting dalam catatan sejarah kemerdekaan Indonesia. Berbekal kedekatan dengan sang guru, Mbah Hasyim Asy’ari, dan anak gurunya itu, KH Abdul Wahid Hasyim, ia pun turut serta dalam perjuangan kaum santri demi mengusir penjajah dari Indonesia.

Mbah Hasyim melihat, daerah Cibarusah di Kabupaten Bekasi khususnya pondok pesantren yang diasuh Kiai Nawawi, sangat strategis. Karena itu, Cibarusah pun didaulat menjadi tuan rumah pusat pelatihan Laskar Hizbullah. Baca juga: Laskar Hizbullah dan Sejarah Perang di Kota Pahlawan

Dalam catatan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bekasi menyebutkan bahwa Mbah Hasyim menugaskan Mama Cibogo untuk melakukan pembinaan mental terhadap para santri, yang lantas menjadi anggota Laskar Hizbullah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2589 seconds (11.252#12.26)