Hadapi Omicron, DKI Siagakan TMII dan Ragunan Jadi Tempat Isolasi

Jum'at, 04 Februari 2022 - 08:30 WIB
loading...
Hadapi Omicron, DKI Siagakan TMII dan Ragunan Jadi Tempat Isolasi
Pemprov DKI siagakan TMII dan Ragunan jadi tempat isolasi terpusat. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta tengah mempersiapkan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Ragunan menjadi tempat isolasi apabila ledakan Covid-19 varian Omicron di wilayahnya tidak terbendung lagi.

Subkoordinator Bidang Kedaruratan dan Penanganan Pengungsi BPBD DKI Jakarta Wardaya mengatakan, antisipasi telah dipersiapkan pemerintah dengan membuka isolasi terpusat salah satunya di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) hingga masjid raya.

”Yang akan kami siapkan mudah-mudahan tidak dipakai ya. Kan ada juga Masjid Wahid Hasyim Asyari, masjid raya, bisa pakai GOR, sedang kami inventarisasi ulang yang dulu kami siapkan,” kata Wardaya, Jumat (4/2/2022).

Wardaya menambahkan, bangunan seperti GOR merupakan pilihan dikala sudah mendesak, berbeda dengan Graha dan TMII yang telah memiliki fasilitas untuk isolasi.

”Kalau GOR itu sifatnya, kalau begitu mendesak, baru kami bergerak. Kalau graha kan sudah ada kamarnya, sudah ada kasurnya, Graha TMII dan Ragunan,” ungkapnya.

Wardaya berharap fasilitas tersebut tidak sampai terpakai dan bisa digunakan untuk tempat isolasi jika sudah mendesak.”Mudah-mudahan tidak terpakai. Kalau kurang ya cari lagi, tapi sementara kami maksimalkan yang ada di Kepgub,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiolog Indonesia (PAEI), Masdalina Pane mengatakan, kasus varian Omicron telah melebihi Delta, ini membuat kasus Omicron telah mendominasi kasus Covid-19 di Indonesia.

”Saat ini sudah lebih dari 2.500 dari WGS yang dikirimkan oleh Badan Litbangkes itu Omicron. Artinya Omicron itu sudah mendominasi melebihi Delta, dan ini sangat mengkhawatirkan,” kata Masdalina, Kamis (3/2/2022).
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1983 seconds (0.1#10.140)