Tips Hadapi Musim Hujan, Nomor 3 Sering Terabaikan

Rabu, 19 Januari 2022 - 15:55 WIB
loading...
Tips Hadapi Musim Hujan, Nomor 3 Sering Terabaikan
Masyarakat di wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi diimbau mewaspadai potensi cuaca ekstrem selama 3 hari ke depan mulai 19-21 Januari 2022. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Masyarakat di wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) diimbau mewaspadai potensi cuaca ekstrem selama 3 hari ke depan mulai 19-21 Januari 2022. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan ada potensi curah hujan disertai kilat/petir dan angin kencang.



Untuk meminimalisir dampak bencana, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan masyarakat dalam menghadapi musim hujan:

1. Bersihkan Gorong-gorong

Tips Hadapi Musim Hujan, Nomor 3 Sering Terabaikan


Masyarakat sebaiknya segera membersihkan gorong-gorong di sekitar rumah maupun lingkungan. Kondisi gorong-gorong yang dipenuhi sampah dapat membuat air hujan tidak tertampung, sehingga bisa meluap ke permukiman penduduk.

2. Pangkas Pohon

Tips Hadapi Musim Hujan, Nomor 3 Sering Terabaikan


Peristiwa pohon tumbang kerap terjadi pada saat hujan disertai angin kencang. Bahkan tak jarang menimpa kendaraan hingga menimbulkan korban jiwa.
Jika terdapat pohon rimbun dan rapuh di depan rumah, sebaiknya segera dipangkas agar tidak terlalu berat sehingga mudah roboh karena tiupan angin. Kepada pengguna jalan, hindari berteduh di bawah pohon ketika hujan.

3. Cek Atap Rumah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2044 seconds (0.1#10.140)