PLN UP3 Cikarang Jaga Kehandalan Listrik Selama Pandemi Covid-19

Rabu, 10 Juni 2020 - 21:27 WIB
loading...
PLN UP3 Cikarang Jaga...
PLN UP3 Cikarang berusaha menjaga pasokan jaringannya tetap stabil dan handal selama pandemi Covid-19. Foto: Ist
A A A
BEKASI - Pandemi Covid-19 masih menjadi momok masyarakat meski kondisi saat ini pemerintah sudah membuka kelonggaran melalui konsep tatanan hidup baru atau new normal. Diakui peran tenaga medis menjadi sentral di saat wabah yang pertama kali muncul di Hubei, China pada penghujung akhir 2019.

Meski tenaga medis merupakan garda utama dalam proses penanganan pandemi Covid-19, namun diperlukan kesadaran masyarakat sebagai garda terdepan untuk memutus rantai penyebaran Corona.

Dari peran serta tenaga medis dan masyarakat itulah diperlukan sebuah pelayanan prima dan handal dalam bidang elektrikal (kelistrikan). Meski keberadaan dan namanya kerap sering dilupakan masyarakat, Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi sosok pahlawan tanpa tanda jasa.

Kenapa dikatakan demikian, rumah sakit sebagai tempat untuk memulihkan pasien Covid-19 tentunya harus terjamin pasokan listriknya sehingga alat-alat vital seperti ventilator sebagai alat bantu pernafasan tetap terjaga. (Baca juga: 12 Juni 2020, Operasional Kereta Api Jarak Jauh Kembali Normal)

Masyarakat yang kerap harus bekerja dan beraktivitas di rumah harus tetap terjaga kondisi arus listriknya sehingga bisa menyelesaikan tugas di rumah dan beraktivitas di rumah menjadi pemutus rantai penyebaran Covid-19.

Semua itu bukti bahwa semua sektor kehidupan begitu membutuhkan stabilitas serta pelayanan prima dari PLN sebagai perusahaan plat merah yang ikut andil besar di masa pandemi Covid-19.

Salah satu wilayah yang tetap menjaga pelayanan prima dan kehandalan jaringan dalam pasokan listrik adalah PLN UP3 Cikarang. Di bawah komando Ahmad Syauki yang merupakan Manajer UP3 Cikarang, dirinya memastikan pasokan listrik baik di rumah sakit maupun di rumah tangga terjaga stabil saat pandemi Covid-19.

"Sudah tugas kami untuk memastikan setiap wilayah yang menjadi tanggung jawab PLN UP3 Cikarang pasokan jaringannya harus stabil dan terjaga dengan baik," ujar Syauki, Rabu (10/6/2020).

Menurut dia, salah satu sektor yang menjadi perhatian utama untuk tetap stabil dalam pasokan jaringan adalah rumah sakit. "Rumah sakit sebagai objek vital tentunya menjadi perhatian kami dan pelanggan rumah tangga yang bekerja secara Work From Home (WFH) ikut juga kami prioritaskan guna memutus rantai penyebaran Covid-19," ungkapnya.

Selain memastikan kondisi stabil untuk pasokan listrik di rumah sakit dan pelanggan rumah tangga, PLN UP3 Cikarang juga memiliki pelanggan industri yang harus diberikan kepastian pelayanan yang terbaik agar proses produksi berjalan baik.

"Kami pun harus menjamin pasokan listrik di kawasan Industri agar proses produksi mereka tetap berjalan,” ucapnya.
(Baca juga: Polda Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Urai Kemacetan Jakarta di Masa PSBB Transisi)

Sekadar informasi, PLN UP3 Cikarang saat ini melayani masyarakat Kabupaten Bekasi di 18 kecamatan dari 23 kecamatan yang ada. Adapun jumlah pelanggan rumah tangga di UP3 Cikarang sebanyak 930.264 terbagi atas pascabayar 278.723 dan pelanggan prabayar 651.541 dari 18 kecamatan di Kabupaten Bekasi.

Sedangkan jumlah pelanggan dengan daya tersambung di atas 200 Kva (pelanggan menengah) di PLN UP3 Cikarang sebanyak 756 yang merupakan pelanggan industri di Kabupaten Bekasi.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1508 seconds (0.1#10.140)