PLN Bekasi Sosialisasikan Jarak Aman Pemasangan Alat Peraga Kampanye

Sabtu, 06 Januari 2024 - 14:49 WIB
loading...
PLN Bekasi Sosialisasikan Jarak Aman Pemasangan Alat Peraga Kampanye
PT PLN (Persero) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi mulai menyosialisasikan jarak aman pemasangan alat peraga kampanye (APK) di lingkungan. Foto: Ist
A A A
BEKASI - PT PLN (Persero) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi mulai menyosialisasikan jarak aman alat peraga kampanye (APK) di lingkungan.

Hal itu merujuk dari mulainya periode masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 terhitung sejak Jumat (5/1/2024).



Manager PLN UP3 Bekasi Redi Zusanto mengatakan, tujuan sosialisasi guna mengimbau dan mengedukasi masyarakat agar tidak memasang APK di area aset kelistrikan PLN.

"Jadi untuk saat ini, kita mulai melakukan pemetaan secara digital maupun manual terkait database kerawanan instalasi ketenagalistrikan pada jaringan tegangan tinggi, menengah, dan rendah yang berpotensi membahayakan masyarakat umum," ujar Redi di Bekasi, Jumat (5/1/2024).

Saat memasuki masa kampanye Pemilu 2024, banyak sekali ditemukan bendera, baliho, dan umbul-umbul yang dipasang di berbagai lokasi, termasuk di instalasi kelistrikan. Hal ini tentu saja bisa membahayakan masyarakat jika tidak mengetahui jarak amannya.

"Jarak aman antara APK dengan jaringan listrik PLN ini sebaiknya lebih kurang 2,5 meter dari kabel tegangan menengah. Sedangkan, dari kabel tegangan rendah kurang lebih 1 meter, masyarakat harus benar-benar hati-hati karena jarak yang terlalu dekat bisa menyebabkan ledakan dan kebakaran," ungkap Redi.

Dia juga mengingatkan terkait bahaya listrik di musim penghujan. Dia mengimbau warga yang mungkin lokasi rumahnya rentan banjir atau genangan air untuk selalu waspada dalam menjaga sistem kelistrikan di rumahnya.

"Alat-alat elektronik sebaiknya jangan diletakkan di bawah. Perhatikan stop kontak, jika berada di area bawah harus lebih waspada jika kondisi rumahnya potensi banjir. Jangan juga memperbaiki sistem kelistrikan di rumah seorang diri tanpa pelindung apalagi dalam kondisi basah. Lebih baik panggil petugas PLN melalui aplikasi PLN Mobile," ujarnya.

General Manager PLN UID Jawa Barat Susiana Mutia juga memberikan pernyataan bahwa PLN terus meningkatkan kepedulian pegawai dan tenaga alih daya untuk melakukan edukasi dan sosialisasi.

Kemudian, melaporkan apabila menemukan kerawanan instalasi ketenagalistrikan maupun kegiatan masyarakat yang berbahaya dengan prinsip Everybody is Safety Inspector.

Selain itu, PLN terus menyosialisasikan bahaya listrik dan jarak aman kepada masyarakat umum dan meningkatkan frekuensi secara efektif baik secara pertemuan langsung maupun melalui berbagai media seperti media sosial dan media massa.

Di lapangan, jika masyarakat menemukan potensi bahaya kelistrikan atau memerlukan bantuan petugas terkait kelistrikan, masyarakat dapat melaporkan kejadian tersebut melalui aplikasi PLN mobile yang dapat diunduh di Play Store atau App Store.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)