IT PLN Jadi Kampus Pertama Jakarta Sediakan SPKLU

Senin, 09 September 2024 - 14:47 WIB
loading...
IT PLN Jadi Kampus Pertama...
IT PLN menjadi kampus pertama di Jakarta yang menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - IT PLN menjadi kampus pertama di Jakarta yang menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Pembangunan ini merupakan komitmen kampus dan PLN menciptakan green kampus.

Peresmian pembangunan stasiun ini ditandai bersama dengan penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2024 di kampus yang berlokasi di Cengkareng, Jakarta Barat.

“SPKLU ini dayanya 25 KW DC, jadi macam-macam ya termasuk medium charging. Jadi kalau membandingkan dengan yang di rumah itu sekitar 7.700 KW, dayanya sekitar 3 kali lebih lipat,” ujar General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Lasiran, Senin (9/9/2024).

Sebelumnya, pembangunan SPKLU di lingkungan kampus telah dibangun di kawasan BINUS Serpong, UI Depok, dan Undiksha Bali. Pembangunan itu sebagai upaya pemerintah pusat menyiapkan ekosistem mobil listrik.

Hingga kini telah ada 55 SPKLU yang telah terbangun dan tersebar di Jakarta seperti pusat perbelanjaan, kantor pemerintah, hingga sentral kuliner.

Pihaknya berkomitmen menambah pembangunan charging listrik kendaraan di wilayahnya, salah satunya dengan menyiapkan 1.000 tiang listrik yang nantinya diubah menjadi sarana men-charging kendaraan.

Rektor IT PLN Prof Dr Iwa Garniwa menuturkan pembangunan SPKLU merupakan komitmen pihaknya yang memiliki visi di bidang energi dan penerapan teknologi berwawasan lingkungan.

“Jadi ini sesuai dengan masa depan dunia, maka kami ingin berkontribusi. Dua hal yang sangat penting, bahwa pertama listrik di IT PLN ini green dari renewable energy,” ucapnya.

Pihaknya juga berkomitmen mengembangkan tenaga elektrik. Salah satu dengan riset melalui laboratorium konversi dari BBM ke listrik yang kini telah menghasilkan motor.

“Insyaallah kami kembangkan juga untuk mobil. Jadi itulah yang kami inginkan. Ini adalah bentuk kontribusi dan komitmen kami sesuai dengan visi kami,” ujar Iwa.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)