Setahun Beroperasi di Kampus UI, Beam Mobility Kurangi Emisi CO2

Kamis, 06 Juni 2024 - 20:15 WIB
loading...
Setahun Beroperasi di Kampus UI, Beam Mobility Kurangi Emisi CO2
Setelah satu tahun beroperasi di Universitas Indonesia (UI) sejak diluncurkan pada 31 Mei 2023, Beam Mobility berperan serta secara aktif mengurangi emisi CO2 di lingkungan kampus UI. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Setelah satu tahun beroperasi di Universitas Indonesia (UI) sejak diluncurkan pada 31 Mei 2023, Beam Mobility, perusahaan mobilitas mikro berbagi terbesar di Asia Pasifik berhasil berperan serta secara aktif mengurangi emisi CO2 di lingkungan kampus UI.

Berdasarkan data-data yang diperoleh melalui fungsi salah satu sistem Beam yang dihitung secara real time, dengan rata-rata perjalanan 35 ribu trip per bulannya, Beam mengubah pola berkendara sivitas akademika di lingkungan kampus.



Country Lead Beam Mobility Indonesia Ricky Sjofyan menuturkan perubahan pola berkendara ini sekaligus membantu mengurangi pencemaran udara yang berasal dari gas buang kendaraan bermotor konvensional.

"Ini juga berarti bahwa kami berhasil berkontribusi dalam membantu mengurangi emisi CO2," katanya, Kamis (6/6/2024).

Secara khusus, UI merupakan universitas pertama yang menghadirkan layanan Beam Mobility kepada sivitas akademikanya sekaligus menyediakan armada kendaraan ramah lingkungan telah terbukti efektif dalam mengurangi emisi gas rumah kaca khususnya di area kampus UI.

“Selain itu setelah satu tahun berkolaborasi dengan UI kami melihat pola yang menarik. Pada hari biasa perjalanan didominasi rute dari stasiun KRL ke fakultas atau antar fakultas," ujarnya.

Sementara pada akhir pekan, pengguna lebih banyak memanfaatkan layanan untuk keperluan rekreasi seperti olahraga.

"Ini juga selaras dengan tujuan utamanya di UI, armada Beam memang merupakan feeder bagi para commuter untuk melakukan perjalanan dari lokasi transportasi umum seperti stasiun menuju area fakultas dan sebaliknya,” kata Ricky.

Prestasi ini juga sejalan dengan upaya UI dalam memenuhi Green Metric, sebuah inisiatif kampus hijau yang mendorong penggunaan transportasi berkelanjutan dan ramah lingkungan.

"Beam Mobility dengan bangga menjadi bagian dari solusi mobilitas hijau di kampus dan akan terus berkomitmen untuk berkontribusi dalam menciptakan lingkungan lebih bersih dan sehat," ujarnya.

Direktur Kerja Sama UI Toto Pranoto menyebutkan setelah hampir satu tahun berkolaborasi dengan Beam Mobility, pihaknya melihat dampak signifikan dari tren mobilitas para sivitas akademika di lingkungan kampus menjadi lebih mudah dan nyaman.

"Dan hal ini tentu saja sejalan dengan upaya Green Metric kami guna menghadirkan lingkungan kampus yang lebih bersih, aman, menyenangkan, dan minim polusi,” ucapnya.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1214 seconds (0.1#10.140)
pixels