Bu Karsa Ajak Kaum Ibu Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat di Keluarga

Senin, 22 November 2021 - 14:49 WIB
loading...
Bu Karsa Ajak Kaum Ibu Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat di Keluarga
Menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) di lingkungan rumah tangga tentu akan menciptakan keluarga sehat dan mampu meminimalisir masalah kesehatan. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) di lingkungan rumah tangga tentu akan menciptakan keluarga sehat dan mampu meminimalisir masalah kesehatan. Manfaat PHBS di rumah tangga antara lain setiap anggota keluarga mampu meningkatkan kesejahteraan dan tidak mudah terkena penyakit. Rumah tangga yang sehat akan mampu meningkatkan produktivitas anggotanya.

Selain itu, PHBS juga membuat anggota keluarga terbiasa untuk menerapkan pola hidup sehat dan anak dapat tumbuh sehat dan tercukupi gizi. Dalam rangka mendukung gaya hidup ini, PNM bersama Unilever Indonesia meluncurkan program Ibu Sehat Keluarga Sejahtera (Bu Karsa) di sejumlah daerah. Tujuan program Bu Karsa adalah untuk memberdayakan komunitas, terutama perempuan prasejahtera yang merupakan nasabah PNM Mekaar.

Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PNM Sunar Basuki mengatakan, kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dampak yang terukur dan lebih luas kepada nasabah PNM Mekaar. Hal itu melalui edukasi pencegahan penularan dan vaksinasi COVID-19, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), panduan gizi seimbang dan resep masakan bernutrisi, pemilahan sampah, serta higienitas rumah dan toilet.



”Program Bu Karsa dikemas sedemikian rupa agar nasabah PNM Mekaar memahami bahwa menjaga kesehatan dan kebersihan di lingkungan keluarga itu penting dalam mendukung kegiatan usaha mereka," ujarnya dalam keterangan tertulis, diterima Senin (22/11/2021).

Senada, Head Of Corporate Affairs & Sustainability PT Unilever Indonesia Nurdiana Darus menegaskan, perusahaan sangat percaya bahwa bisnis harus berlandaskan tujuan mulia (purpose), dan memberikan dampak menjalankan bisnis dengan prinsip berkelanjutan. Melalui program Bu Karsa yang merupakan hasil kolaborasi antara Unilever Indonesia dan PNM, diharapkan dapat memberdayakan 500.000 perempuan prasejahtera.

"Kami percaya bahwa perempuan, terutama ibu menjadi tokoh yang berperan penting dalam menjaga kesehatan keluarga serta menjadi agen perubahan di lingkungan mereka. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dampak yang terukur dan lebih luas atas perubahan perilaku masyarakat. Tentunya pelaksanaan ini didukung penuh oleh rekan-rekan PNM di lapangan," kata dia.



Dukungan Unilever terhadap Program BU Karsa tidak hanya memberikan sosialisasi edukasi, namun juga menyalurkan 500.000 produk handsanitizer, 3,000 dus sabun cuci tangan, 16,000 pcs pasta gigi, dan buku panduan resep masakan untuk dibagikan keseluruh nasabah Mekaar PNM melalui teman-teman fasilitator PNM di lapangan.

Nurlela, salah satu nasabah PNM mekaar mengatakan bahwa program ini membuatnya mengetahui manfaat pola hidup bersih sehat dan pembuatan resep bergizi yang ternyata dapat dibuat dengan harga terjangkau. Pemilahan sampah secara mandiri juga dapat dimanfaatkan untuk menambah penghasilan.

Kepala Bagian JML Wilham Kagum menuturkan bahwa pada dasarnya program ini merupakan kolaborasi dalam menyusun program CSR secara bersama dengan menitikberatkan pemberdayaan perempuan prasejahtera. Diharapkan dengan adanya edukasi ini masyarakat mendapatkan hal yang positif dan menambah pengetahuan mereka.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1983 seconds (0.1#10.140)