8 Kawasan Kumuh di Jakarta yang Disulap Rapi dan Indah, Nomor 7 Paling Fenomenal

Kamis, 18 November 2021 - 06:43 WIB
loading...
A A A
Kini, Kolong KA Sawah Besar telah disulap menjadi ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) yang unik. RPTRA tersebut dilengkapi berbagai fasilitas permainan anak. Tersedia juga sanggar seni tari-tarian. Tiang-tiang penyangga jembatan rel KA juga dipercantik dengan seni mural yang indah.

5. Taman Piknik Kalimalang

8 Kawasan Kumuh di Jakarta yang Disulap Rapi dan Indah, Nomor 7 Paling Fenomenal


Taman Piknik dulunya hanya lahan kosong di Kalimalang, Jakarta Timur. Lahan ini dijadikan tempat pembuangan sampah oleh warga sehingga kotor dan tidak sehat. Kini lahan kosong itu telah berubah menjadi sebuah taman yang cantik.

Tidak hanya menikmati taman, di Taman Piknik juga tersedia banyak fasilitas yang ramah anak maupun dewasa. Taman Piknik juga dilengkapi dengan kolam retensi dan bioswale (penyaring polutan) sebagai tempat pengendalian air.

Taman Piknik berlokasi di Jalan Manunggal II, Cipinang Melayu, Makasar, Kota Jakarta Timur. Taman ini bisa menjadi alternatif bermain bersama keluarga.

6. Kolong Tol Becakayu

8 Kawasan Kumuh di Jakarta yang Disulap Rapi dan Indah, Nomor 7 Paling Fenomenal


Kolong Tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu) di Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, dulunya merupakan lahan kosong. Kini telah disulap menjadi taman bersepeda atau ruang terbuka hijau (RTH) yang diberi nama Pilar Jati Bike Park. Uniknya, Pilar Jati Bike Park menggunakan media tanah. Pilar Jati Bike Park satu-satunya taman bersepeda di tengah kota menggunakan media tanah (dirt) sebagai track.

Diketahui, di Jakarta ada beberapa bike park, seperti di kolong Flyover Pasar Rebo atau Pulo Mas, tapi lintasannya menggunakan semen. Ide membuat bike park ini bermula dari keinginan warga Kelurahan Cipinang Melayu untuk memanfaatkan lahan kosong di bawah kolong Tol Becakayu. Selama ini lahan yang luas itu kerap dipakai tempat parkir liar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1127 seconds (0.1#10.140)