8 Kawasan Kumuh di Jakarta yang Disulap Rapi dan Indah, Nomor 7 Paling Fenomenal

Kamis, 18 November 2021 - 06:43 WIB
loading...
A A A
7. Kalijodo

8 Kawasan Kumuh di Jakarta yang Disulap Rapi dan Indah, Nomor 7 Paling Fenomenal


Saat mendengar kata Kalijodo, mungkin yang terbesit adalah kawasan dengan tingkat kriminalitas tinggi dan tempat bagi para PSK mangkal. Ya, kawasan Kalijodo dulunya memang merupakan lokasi hiburan malam dan prostitusi. Setelah ditertibkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Februari 2016, kawasan Kalijodo kini menjadi RPTRA dan RTH.

Revitalasi ini menjadikan RTH Kalijodo sebagai tempat wisata menarik bagi keluarga. Di kawasan Kalijodo kini tersedia fasilitas tempat bermain anak, skatepark, bikepark, hingga pusat kuliner. Dengan wajah barunuya, RPTRA Kalijodo berubah menjadi taman yang menarik. Lokasi RPTRA Kalijodo berada di perbatasan antara Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara dengan Kecamatan Angke, Jakarta Barat.

8. Kawasan Senen

8 Kawasan Kumuh di Jakarta yang Disulap Rapi dan Indah, Nomor 7 Paling Fenomenal


Pemprov DKI Jakarta merevitalisasi kawasan Senen, Jakarta Pusat, menjadi lebih bagus dan indah. Kini, Senen menjadi salah satu ikon terbaru ibu kota. Sejumlah penataan kawasan Senen melibatkan sejumlah stake holder seperti, Dinas Bina Marga, Dinas Perhubungan, PT Transportasi Jakarta, Dinas Taman dan Hutan Kota, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan, serta jajaran Pemerintah Kota Jakarta Pusat.

Kini Senen bukan lagi wilayah yang kumuh dan rawan, tapi ramah bagi masyarakat. Halte Senen telah direvitalisasi menjadi lebih lebar. Dua JPO baru juga sudah dilengkapi lift. Pemprov DKI juga memperbaiki alur kendaraan dengan mengutamakan pejalan kaki, pesepeda, dan transportasi publik. Selain itu, penataan terintegrasi kawasan Stasiun Senen, jalur hijau dan taman-taman dipercantik, serta lampu penerangan jalan ditambah.
(thm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0937 seconds (0.1#10.140)