8 Kawasan Kumuh di Jakarta yang Disulap Rapi dan Indah, Nomor 7 Paling Fenomenal

Kamis, 18 November 2021 - 06:43 WIB
loading...
A A A
Kolong Jalan Layang Slipi, Jakarta Barat, dulunya kotor karena menjadi tempat pembuangan sampah, sehingga sangat tidak sedap dipandang mata. Kini kolong Jalan Layang Slipi tampak indah. Kolong Jalan Layang Slipi kini menjadi taman skateboard yang menarik, mirip seperti taman-taman skateboard di Amerika Serikat.

Di kolong Jalan Layang Slipi juga terdapat ruang terbuka hijau. Dari dulunya dipenuhi pedagang kaki lima (PKL) kini dirubah menjaditempat makan, pedagang mainan, dan pedagang handphone yang terorganisir.

3. Kolong Tol Wiyoto Wiyono

8 Kawasan Kumuh di Jakarta yang Disulap Rapi dan Indah, Nomor 7 Paling Fenomenal


Kolong Tol Wiyoto Wiyono, Tanjung Priok, Jakarta Utara, juga dulunya mirip tempat pembuangan sampah (TPS). Walaupun sudah sering dilakukana pembersihan oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI, namun warga masih saja membuang sampah di tempat itu Padahal sudah tersedia TPS di Waduk Cincin untuk menampung sampah warga.⁣

Sama seperti kolong Jalan Layang Slipi, kini kolong Tol Wiyoto Wiyono telah disulap menjadi Taman Skateboard yang menarik. Di tempat ini juga terdapat Masjid Babah Alun. Di masjid ini terdapat 99 Asmaul Husna dengan perpaduan bahasa Arab dan Tionghoa. Masjid ini tepat berada di kolong tol.

Masjid berubin warna putih dengan cat dasar hijau, sekilas bangunannya menyerupai kelenteng. Sebab masjid ini memang bergaya arsitektur khas Tionghoa, yang dibangun pada tahun 2017 oleh pengusaha asal Tionghoa, Mohamad Jusuf Hamka.

4. Kolong Rel KA Sawah Besar

8 Kawasan Kumuh di Jakarta yang Disulap Rapi dan Indah, Nomor 7 Paling Fenomenal


Kolong Rel Kereta Api (KA) Sawah Besar, Jakarta Pusat, dulunya dijadikan tempat penimbunan barang bekas. Tumpukan barang-barang bekas banyak ditemukan hampir di sepanjang kolong rel kereta api. Selain itu, banyak warga berjualan makanan dan minuman. Keberadaan gerobak-gerobak sampah yang terparkir di bahu jalan kolong rel KA mengakibatkan arus lalu lintas kerap tersendat. Keberadaan bangunan liar menambah kesan kumuh di kawasan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1794 seconds (0.1#10.140)