Pantau Penerapan Prokes, Kepala BNPB Sambangi Desa Wisata di Bogor

Jum'at, 29 Oktober 2021 - 18:25 WIB
loading...
Pantau Penerapan Prokes, Kepala BNPB Sambangi Desa Wisata di Bogor
Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito saat menyambangi desa wisata Situ Lebak Wangi, Desa Pemagarsari, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, pada Jumat (29/10/2021).Foto/Istimewa
A A A
BOGOR - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito menyambangi desa wisata Situ Lebak Wangi, Desa Pemagarsari, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, pada Jumat (29/10/2021). Ganip sengaja mendatangi tempat wisata tersebut untuk melihat penerapan protokol kesehatan (prokes) di tempat wisata tersebut.

Ganip Warsito datang didampingi 2 orang staf ahli, Andi dan Etmon Fire, dan disambut Anggota DPR RI yang juga inisiator pengambangan desa wisata Situ Lebak Wangi, Adian Napitupulu.

Ganip mengungkapkan, meski kondisi saat ini sudah jauh menurun, namun Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Oleh karena itu, dia menekankan penegakan dan disiplin protokol kesehatan harus tetap dijalankan.

Ganip menekankan objek wisata yang kini mulai banyak dikunjungi masyarakat jangan sampai menjadi pemicu gelombang penularan Covid-19 baru. Baca: Banjir di Kebon Pala Surut, Warga Bersihkan Tumpukan Sampah dan Lumpur

Untuk itu, Ganip berpesan kepada Kepala BNPB Kabupaten Bogor beserta jajaran, Danramil dan Kapolsek, juga relawan setempat yang menjadi ujung tombak penegakan prokes Covid-19 untuk memastikan berjalannya penerapan prokes di desa wisata tersebut.

"Sebagai satgas daerah, saya minta memerhatikan prokes di desa-desa berjalan sesuai pedoman yang ada, bukan hanya di objek wisata. Juga di tempat berkumpulnya masyarakat seperti acara pernikahan maupun di acara-acara komunitas masyarakat," kata Ganip pada Jumat (29/10/2021).

Pedoman penegakan prokes harus diterapkan untuk memenuhi kebutuhan pengunjung sesuai panduan pelaksanaannya yaitu cleanliness, health, safety, and environmental sustainability (CHSE) yang dikeluarkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf).

"Segala upaya yang kita upaya dalam rangka penegakan prokes di objek wisata itu demi keselamatan kita bersama," ujarnya.

Anggota DPR RI Adian Napitupulu dari daerah pemilihan Jawa Barat V yang hanya mencakup satu daerah tingkat dua yaitu Kabupaten Bogor menuturkan, Desa Wisata Lebak Wangi yang masuk dalam dapil yang diperjuangkannya itu berawal dari semangat gotong royong dari pihak-pihak yang terpanggil untuk mengembalikan fungsi situ atau danau sebagai penyangga utama lingkungan hidup.

Adian mengaku hasil kerja keras bersama para lembaga pemangku kepentingan, pemuda dan tokoh masyarakat kini berbuah manis. Situ Lebak Wangi saat ini bukan hanya telah kembali maksimal, bahkan pemanfaatannya terus dimaksimalkan untuk kepentingan masyarakat setempat.

Di area itu, kini telah menjadi area wisata dengan dilengkapi beragam fasilitas permainan seperti kano, pemancingan, water ball, bebek air, perahu kapasitas 20 penumpang, aneka kuliner dan lainnya.

Politisi PDI Perjuangan ini berharap Situ Lebak Wangi bisa menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk membawa Indonesia kembali bangkit dari terpaan Covid-19.
Adian pun menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian Kepala BPPB Ganip Warsito yang secara langsung memberi perhatian atas kerja kerja warga yang telah berhasil mengembalikan fungsi Situ Lebak Wangi bahkan memaksimalkan pemanfaatannya menjadi objek wisata.

"Kehadiran Pak Ganip merupakan bentuk perhatian besar pemerintah kepada pihak-pihak dan warga yang selalu peduli dengan lingkungannya," tegas Adian.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1391 seconds (0.1#10.140)