Dukung PTM, Kwarnas Pramuka Dorong Perluasan Vaksinasi

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 19:54 WIB
loading...
Dukung PTM, Kwarnas Pramuka Dorong Perluasan Vaksinasi
Dukungan penuh seluruh lapisan masyarakat agar aktif mendorong perluasan vaksinasi demi mensukseskan proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di sekolah tetap aman terus digalakan. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dukungan penuh seluruh lapisan masyarakat agar aktif mendorong perluasan vaksinasi demi mensukseskan proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di sekolah tetap aman terus digalakan. Proses PTM terbatas yang didukung oleh berbagai pihak, termasuk Gerakan Pramuka nasional hingga ke tingkat gugus depan yang langsung terlibat di lapangan sebagai bagian dari gugus tugas penanganan COVID-19.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka Mayjen TNI (Purn) Bachtiar Utomo dalam Pelatihan Penguatan Gerakan Pramuka, Sabtu (16/10/2021).

“Gerakan Pramuka mempunyai Satya dan Dharma yang menjadi pegangan dan panduan pramuka, di dalamnya disebutkan bahwa semua anggota pramuka harus siap membantu orang lain sekaligus mampu pula menjadi teladan bagi masyarakat. Di lingkungan Gerakan Pramuka segera dibentuk satuan tugas penanggulangan COVID-19,” tuturnya.

Satgas yang telah dibentuk di Kwartir Nasional Pramuka diikuti oleh pembentukan satuan serupa di tingkat daerah, cabang, sampai ranting. Ada dua gerakan penting atas arahan Presiden selaku Ketua Majelis Nasional Pembimbing Gerakan Pramuka.

“Gerakan kedisiplinan nasional, yaitu agar pramuka disiplin dan patuh pada protokol kesehatan sekaligus mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tetap patuh pada protokol kesehatan. Kedua, gerakan kepedulian nasional yaitu agar gerakan pramuka peduli dan menaruh simpat dan empati kepada sesama, terutama mereka yang terdampak pandemi COVID-19,” terang Bachtiar.

Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Nasional Gerakan Pramuka Joko Mursitho mengatakan, sudah ada contoh kegiatan tatap muka yang aman di Gerakan Pramuka. Protokol kesehatan diterapkan secara ketat sejak awal sampai akhir.

Pramuka punya modal untuk ikut terlibat dalam penanggulangan pandemi. Salah satu kunci penanggulangan adalah disiplin. Di pramuka, disiplin adalah salah satu pendidikan pokok. "Gerakan Pramuka harus mampu menanggulangi COVID-19," katanya.

Dukungan Gerakan Pramuka untuk kegiatan PTM Terbatas di sekolah juga mendapat kepercayaan penuh dari Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo.

“Saya percaya kegiatan yang selama ini dilaksanakan pramuka untuk mendukung kegiatan PTM terbatas akan semakin kuat dilengkapi dengan informasi terkini tentang program vaksinasi yang bisa membuat semua aman, tentu dilengkapi pula dengan berbagai hal teknis yang bisa menjaga dan melindungi semua yang terlibat dalam proses pembelajaran di sekolah,” katanya.

Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi menyatakan, vaksinasi adalah cara untuk membentuk kekebalan kelompok di masyarakat. Vaksinasi memungkinkan tubuh membangun imun sehingga tubuh lebih siap jika terinfeksi virus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2067 seconds (0.1#10.140)