Pertinas SBH 2023 di Cibubur Momentum Bentuk SDM Berkarakter

Selasa, 19 September 2023 - 20:39 WIB
loading...
Pertinas SBH 2023 di Cibubur Momentum Bentuk SDM Berkarakter
Perkemahan Bakti Nasional Satuan Karya Pramuka Bakti Husada 2023 yang digelar di Cibubur, Jakarta Timur, diharapkan menjadi momentum bentuk SDM berkarakter. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Perkemahan Bakti Nasional Satuan Karya Pramuka Bakti Husada 2023 yang digelar di Cibubur, Jakarta Timur, diharapkan menjadi momentum bentuk Sumber Daya Manusia (SDM) berkarakter. Pandangan ini disampaikan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono saat membuka kegiatan tersebut, Senin 18 September 2023.

"Adik-adik Pramuka dapat mengambil peran sederhana seperti menerapkan perilaku hidup sehat sehari-hari sehingga dapat menjadi contoh dan pelopor hidup sehat bagi teman, keluarga, serta lingkungan sekitar," ujar Dante.

Mengangkat Tema Satuan Karya Pramuka Bakti Husada sebagai kader kesehatan berkarakter, siap berperan dalam transformasi kesehatan Indonesia. Turut hadir Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso dan sejumlah petinggi Pramuka.



Menurut dia, Saka Bakti Husada sebagai kader kesehatan berkarakter berperan penting dalam transformasi kesehatan Indonesia.

"Pramuka adalah pilar penting transformasi kesehatan. Karena itu, rangkaian kegiatan Pertinas SBH VI tahun 2023 ini seyogyanya dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dengan semangat persatuan dan persaudaraan agar terciptanya kader kesehatan muda yang unggul, aktif, dan penuh semangat," ungkapnya.

Kegiatan yang diikuti 724 peserta perwakilan dari 6 krida yang ada di Satuan Karya Pramuka Bakti Husada ini terlihat bersih dan apik. Saka Bakti Husada yang memang memiliki 32 kecakapan khusus di bidang kesehatan menjadi contoh teladan dan siap membaktikan darma melalui peran sebagai agen perubahan, penyambung informasi, edukator, dan pendamping masyarakat dalam upaya pencegahan penyakit dan penerapan perilaku hidup sehat.

Kecakapan khusus yang dimiliki Pramuka Saka Bakti Husada adalah sebagai berikut Kecakapan Khusus Krida Bina Lingkungan Sehat, Kecakapan Khusus Krida Bina Keluarga Sehat, Kecakapan Khusus Krida, Kecakapan Khusus Krida Bina Obat, dan Kecakapan Khusus Krida Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2109 seconds (0.1#10.140)