Sejarah Sentul yang Identik dengan Sirkuit Ternyata Diambil dari Nama Buah

loading...
Sejarah Sentul yang Identik dengan Sirkuit Ternyata Diambil dari Nama Buah
Salah satu perumahan di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor. Foto: propertynbank.com
JAKARTA - Sejarah Sentul , Bogor yang identik dengan sirkuit balapan ternyata diambil dari nama buah. Sentul disebut buah yang sebenarnya bukan asli dari Indonesia, tapi berasal dari Indochina. Namun, banyak juga orang yang berpendapat bahwa buah Sentul ini adalah buah asli Indonesia

Dikutip dari hotelpelangi.com, Minggu (10/10/2021), Sentul ini adalah buah Kecapi. Setiap wilayah punya nama berbeda soal Sentul. Di Jawa, orang menyebutnya Sentul, orang Kalimantan menyebutnya Sintol, dan orang londo bule menyebutnya Sentol.
Baca juga: Ganjil Genap di Sentul Bogor, Masih Banyak Kendaraan yang Diputar Balik

Sentul atau Kecapi memiliki khasiat yang cukup banyak, mulai dari kulitnya sampai batang dan akar pohon yang berguna untuk pengobatan. Misalnya obat cacingan, penyakit diare dan bisa juga penambah stamina bagi kaum pria serta bagi ibu yang habis melahirkan.

Dalam perjalanannya, Sentul kental dengan sirkuit. Dulu belum ada namanya kota Sentul atau kawasan Sentul yang ada hanya nama sebuah sirkuit balap mobil. Kemudian, sejarah Sirkuit Sentul ini dibangun untuk menggelar event balap mobil Formula 1, akan tetapi kenyataannya Sirkuit Sentul justru malah tercatat dalam sejarah MotoGP.



Sirkuit Sentul Bogor selesai pada 1992 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 1993. Sekelas pembalap dunia pernah uji nyali di Sirkuit Sentul yang menjadi kebanggaan rakyat Indonesia di antaranya Tadayuki Okada, Max Biaggi, dan Valentino Rossi.

Selain terkenal dengan sirkut balapan, perkembangan zaman membuat kawasan sekitar Babakan Madang, Kabupaten Bogor itu memantik perhatian investor untuk berinvestasi di daerah hijau dan asri yang tidak jauh dari kota Jakarta. Untuk memudahkan mobilisasi dibangunlah sebuah akses pintu tol dari Tol Jagorawi dan sekarang bernama Tol Sentul Selatan.
Baca juga: Rumah Mau Digusur Sentul City, Rocky Gerung Ditawari 16 Vila hingga Apartemen

Kian berkembang maka terciptalah sebuah kawasan baru bernama Sentul City yang merupakan sebuah kawasan elite dengan konsep kota di atas pegunungan yang kira-kira luasnya 3.000 hektare di Babakan Madang, Kabupaten Bogor atau arah ke sebelah timur dari Kota Bogor.

Sentul City ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama PT Sentul City Tbk. Kawasan ini memiliki tujuan dan dibangun sebagai tempat tinggal dan sekaligus juga ada lokasi pariwisatanya. Sentul City berada di ketinggian 500 mdpl, tidak terlalu tinggi namun memiliki view dan udara sejuk khas pegunungan.
(jon)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top