Anies dan UNHCR Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk WNA Pencari Suaka

Kamis, 07 Oktober 2021 - 20:08 WIB
loading...
Anies dan UNHCR Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk WNA Pencari Suaka
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) DKI serta United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 untuk WNA pencari suaka di Jabodetabek. Vaksinasi untuk WNA pengungsi dan pencari suaka digelar di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, Kamis (7/10/2021).

Vaksinasi tahap satu diberikan kepada 600 orang atau 1.200 vaksin tahap satu dan dua dengan vaksin Sinopharm. "Ini masalah umat manusia di mana semua harus mendapatkan perlakuan sama dan setara. Kita menyadari persis bahwa prioritas pertama adalah warga kita, tetapi jika ada sebagian yang tinggal di Jakarta tapi tidak tervaksin maka dampaknya akan ke kita juga," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kamis (7/10/2021).
Baca juga: Pembangunan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, Anies: Kita Harus Bereskan Kumuhnya

Menurut dia, kolaborasi antara Pemprov DKI, Kadin Indonesia, dan UNHCR telah dirintis sejak Juli. Sementara pemberian vaksinasi Covid-19 ini tidak terlepas dari surat yang dikirimkan Anies ke Kementerian Kesehatan.

Anies mengusulkan vaksinasi Covid-19 agar dilakukan kepada WNA pengungsi dan pencari suaka yang berada di sejumlah daerah. Selanjutnya, Kadin merespons untuk turun tangan menyiapkan vaksin gotong royong.

"Kami di Pemprov DKI siapkan regulasi dan vaksinnya, lalu ada pihak swasta SpeedLab yang menyediakan tenaga kesehatan dan UNHCR yang memobilisasi data WNA pengungsi dan pencari suaka," ujar Anies.
Baca juga: Diresmikan Anies, Baznas Bazis DKI: Voucher Semua Bisa Makan Tersebar di Kelurahan

"Ini kerja luar biasa, ini adalah tugas kemanusiaan. Kita tak akan benar-benar terlindungi bila tidak semua dari kita terlindungi. Dan kami warga Jakarta patut bersyukur karena kita bisa mengayomi sekaligus membantu memberikan rasa aman saudara-saudara kita lintas bangsa terkait vaksinasi ini," sambungnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1114 seconds (0.1#10.140)