Kapan Pandemi Covid-19 Jadi Endemi? Guru Besar UI: WHO Akan Keluarkan Standarnya

Sabtu, 04 September 2021 - 03:09 WIB
loading...
Kapan Pandemi Covid-19 Jadi Endemi? Guru Besar UI: WHO Akan Keluarkan Standarnya
Guru Besar Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI), Hasbullah Thabrany menyatakan, WHO akan mengeluarkan standardisasi pandemi Covid-19 menjadi endemi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah telah menyiapkan berbagai langkah untuk mengantisipasi skenario perkembangan pandemi Covid-19 dalam jangka panjang, termasuk potensi wabah ini menjadi endemi.

Pemerintah pun mengajak masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menyegerakan vaksinasi sebagai salah satu langkah awal menuju tatanan kehidupan baru yang berdampingan dengan Covid -19.

Guru Besar Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI), Hasbullah Thabrany menyatakan di manapun di dunia, pandemi akan dapat berubah menjadi endemi. Namun, World Health Organization (WHO ) yang akan mengeluarkan standarnya. “Kapan waktunya, WHO yang akan mengeluarkan standar tersebut,” katanya dalam keterangan yang dikutip, Sabtu (4/9/2021).

“Siapa pun bisa terkena penyakit endemi tersebut. Agar tidak tertular, sederhana. Pakai masker. Selain itu cuci tangan yang bersih, jaga jarak, dan selalu waspada menganggap orang di dekat kita berisiko membawa virus. Jadi disiplin diri adalah kuncinya,” tegas Hasbullah.

Diketahui sejak Maret 2020, WHO juga telah menetapkan Covid -19 sebagai pandemi akibat tingkat penyebarannya yang eksponensial secara global. Oleh karena itu, Covid -19 tidak dikategorikan sebagai epidemi karena tidak terbatas pada satu wilayah geografis semata.

WHO telah menyatakan besar kemungkinan Covid -19 akan diklasifikasikan sebagai endemi di masa mendatang, seperti halnya Malaria atau Demam Berdarah. Covid -19 bisa dikategorikan sebagai endemi apabila terus hadir secara konstan dalam populasi di wilayah geografis tertentu, dengan tingkat dan pola penularan yang sudah lebih terprediksi.

Bukan hanya WHO yang telah menyampaikan pandangan tersebut, sejumlah negara juga menyepakati Covid -19 berpotensi menjadi endemi. Salah satunya adalah Malaysia yang telah mengajak seluruh warganya untuk bersiap dengan kemungkinan hidup bersama Covid -19 sebagai endemi.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2834 seconds (0.1#10.140)