Tim Pengabdian Masyarakat FIK UI Edukasi Warga Beji Deteksi Cepat Kanker Payudara

Minggu, 31 Desember 2023 - 15:07 WIB
loading...
Tim Pengabdian Masyarakat FIK UI Edukasi Warga Beji Deteksi Cepat Kanker Payudara
Warga di Kelurahan Tanah Baru, Beji, Depok mendapat edukasi mengenai deteksi cepat kanker payudara. Edukasi dilakukan Tim Pengmas Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) didukung Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM) UI
A A A
DEPOK - Warga di Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Depok mendapat edukasi mengenai deteksi cepat kanker payudara . Edukasi dilakukan Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) didukung Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM) UI dengan tema ‘Deteksi Cepat Kanker Payudara (DEKAP)’.

Mereka melakukan pelatihan deteksi cepat kanker payudara kepada warga Kelurahan Tanah Baru karena Tanah Baru merupakan wilayah dengan wanita usia subur masih banyak yang belum melakukan deteksi dini kanker payudara.

Pengabdian diketuai Dr Dewi Gayatri bersama Prof Dr Yati Afiyanti, Dr Rr Tutik Sri Hariyati, Dr Tuti Nuraini, Dr Tuti Afriani, dan Dr Hanny Handiyani. Tim juga dibantu oleh mahasiswa program studi Magister Ilmu Keperawatan Peminatan Keperawatan Onkologi FIK UI.



“Pemberian edukasi dan pelatihan deteksi cepat kanker payudara terhadap warga Kelurahan Tanah Baru dengan sasaran para perempuan diharapkan dapat mempraktikkan, menyebarkan informasi dan edukasi yang disampaikan oleh tim pengabdian kepada masyarakat setempat,” ujar Dewi Gayatri selaku ketua tim pengabdi, Minggu (31/12/2023).

Topik materi yang disampaikan Tim Pengmas FIK UI di antaranya mengenai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Melalui Promosi dan Pencegahan Kanker, Deteksi Cepat Kanker Payudara (DEKAP). Proses edukasi dilakukan dengan pemaparan materi dan dilengkapi dengan demonstrasi oleh Tim Pengmas FIK UI serta redemonstrasi yang dilakukan peserta.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan pemberdayaan masyarakat agar memperhatikan kesehatan dan mengenali gejala serta risiko kanker payudara.

“Kami berharap masyarakat peduli terhadap kesehatan dengan mengenali tanda dan gejala kanker payudara melalui deteksi cepat kanker payudara serta menjalankan pola hidup sehat sebagai upaya pencegahan kanker,” katanya.

Di Kecamatan Beji terdapat wanita usia subur tidak hamil (15-39 tahun) sebanyak 21.452 orang sehingga terdapat 19.995 wanita tidak melakukan deteksi dini kanker payudara. Berdasarkan kondisi tersebut, Tim Pengmas FIK UI melakukan pelatihan Deteksi Cepat Kanker Payudara di Kelurahan Tanah Baru yang bertempat di Wisma Caring Sejahtera.

Selain edukasi, peserta juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan yakni pemeriksaan berat badan, tinggi badan, visceral fat, persen lemak tubuh dan cairan tubuh serta otot. Selain itu, peserta juga bisa memeriksakan tekanan darah, kolesterol, asam urat, hingga gula darah.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1039 seconds (0.1#10.140)