Belum Divaksin, 15 Rumah di Pegangsaan 2 Ditempeli Stiker Ini

Jum'at, 20 Agustus 2021 - 08:29 WIB
loading...
Belum Divaksin, 15 Rumah di Pegangsaan 2 Ditempeli Stiker Ini
Petugas gabungan melakukan penempelan stiker di 15 rumah warga RW 01 dan 013 Kelurahan Pegangsaan, Jakarta Utara. Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Petugas gabungan dari tiga pilar Kelapa Gading melakukan penempelan stiker di 15 rumah warga RW 01 dan 013 Kelurahan Pegangsaan, Jakarta Utara. Stiker itu bertuliskan “Warga Di Rumah Ini Belum Tervaksin”.

Lurah Pegangsaan Dua, Suci Cyntia Pola Putri mengatakan, aksi penempelan stiker ini merupakan bentuk edukasi dan motivasi agar warga yang belum divaksinasi bisa segera memanfaatkan layanan vaksinasi Covid-19 di sentra vaksinasi terdekat.

"Hari ini, baru dua RW yaitu 01 dan 013 yang melakukan kegiatan pemasangan stiker di rumah warga yang belum divaksinasi Covid-19. Nanti akan merata ke semua RW lainnya sehingga akan mudah termonitor siapa saja yang belum divaksinasi," kata Suci saat dikonfirmasi, Jumat (20/8/2021).

Dikatakan Suci, sebelum dilakukan pemasangan stiker, unsur empat pilar bersama pengurus RT/RW setempat menerangkan manfaat vaksinasi Covid-19 di masa pandemi kepada pemilik rumah tersebut.

"Kita juga tanyakan alasan mereka belum ikut vaksinasi hingga saat ini. Jika alasannya karena ada penyakit penyerta maka kita sarankan untuk segera konsultasi ke dokter di Puskesmas atau rumah sakit terdekat," tuturnya.

"Agar mendapatkan surat keterangan yang menyatakan warga tersebut memang tidak boleh divaksin karena faktor kesehatan atau boleh divaksinasi tapi menggunakan jenis vaksin tertentu sehingga ada dasar tertulisnya," sambungnya.

Dalam upaya pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Suci mengatakan, sudah berbagai cara telah dilakukan petugas untuk mengajak warga agar datang ke sentra vaksinasi terdekat seperti kantor RW, Puskesmas, rumah sakit, dan lokasi lainnya.

"Woro-woro vaksinasi di permukiman warga, layanan vaksinasi jemput bola, pemasangan spanduk, dan bentuk sosialisasi lainnya sudah dilakukan. Akhirnya, sampai ke titik ini yaitu pemasangan stiker agar warga termotivasi untuk ikut vaksinasi," ujar Suci.

Dalam kesempatan yang sama, lurah peganggsaan dua ini juga mengimbau kepada warga untuk tidak mudah percaya dengan berita bohong atau hoaks tentang vaksinasi Covid-19.

"Jangan sampai warga tidak mau divaksinasi dengan alasan yang tidak jelas. Karena vaksinasi dan prokes sebagai bentuk perlindungan dan upaya untuk mempercepat terbentuknya herd immunity di masa pandemi Covid-19," ucapnya.

Suci berharap dengan adanya penempelan stiker ini mudah termonitor oleh pengurus warga sekitar. Dengan demikian kesadaran warga Pegangsaan Dua untuk ikut vaksinasi Covid-19 akan semakin meningkat.

"Niat awal dari pemasangan stiker bagi warga yang belum divaksinasi ini adalah untuk mengedukasi sekaligus menandai warga yang belum divaksinasi di mana saja. Dengan begitu akan mudah dipetakan dan termonitor oleh pengurus RT/RW dan warga setempat," pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1130 seconds (0.1#10.140)