Aksi Pelaku Ganjal ATM Gagal, Mobilnya Tertinggal di Samping Minimarket Cisauk

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 21:09 WIB
loading...
Aksi Pelaku Ganjal ATM Gagal, Mobilnya Tertinggal di Samping Minimarket Cisauk
Mobil Toyota Avanza putih ditinggalkan komplotan pelaku ganjal ATM yang beraksi di minimarket Pertigaan Suradita, Cisauk, Tangerang, Senin (9/8/2021). Foto: MPI/Hambali
A A A
TANGERANG - Aksi 3 pelaku kejahatan ganjal kartu ATM nyaris memakan korban. Mereka bergegas kabur meninggalkan mobil Toyota Avanza putih usai gerak-geriknya dicurigai polisi yang melintas.

Peristiwa itu terjadi di minimarket yang letaknya di pertigaan Suradita, Cisauk, Tangerang, Senin 9 Agustus 2021 sekitar pukul 13.00 WIB. Tiga pelaku berbagi peran, satu menunggu di luar dan 2 lainnya berada di sekitar mesin ATM yang berada di dalam minimarket.
Baca juga: 30 Kali Beraksi, 6 Spesialis Ganjal ATM Diringkus Polisi

Aksi mereka secara tak sengaja digagalkan anggota Polsek Cisauk yang kebetulan berhenti di lokasi. Dia mencurigai mobil yang terparkir memakai plat palsu dengan kondisi mesin menyala.

"Jadi saat patroli saya mendapati sebuah mobil yang ditinggal di pinggir jalan dalam keadaan hidup dan kunci kontak berada di dalamnya," ujar anggota Polsek Cisauk itu, Sabtu (14/8/2021).

Mendapati itu, dia lantas menanyakan siapa pemilik mobil tersebut kepada orang-orang yang berada di sekitar lokasi. Namun, semua mengaku tak ada yang tahu, termasuk seorang pelaku yang berdiri tak jauh di depan mobil. "Saya tanya nggak ada yang tahu. Ada satu orang di depan mobil terus saya curiga dia pemiliknya tapi nggak ngaku. Akhirnya saya cari ke dalam minimarket," katanya.

Belum sampai masuk ke minimarket rupanya 2 pelaku yang berada di dalam sebelumnya langsung bergegas keluar. Beberapa saat kemudian, 3 pelaku langsung menghilang meninggalkan Toyota Avanza B 2761 TBC.

"Kendaraan langsung diamankan ke Polsek Cisauk. Kita juga langsung cek nomor polisi yang asli dari kendaraan tersebut ternyata mobil ini punya rental di kawasan Karawaci," ujarnya.
Baca juga: Raup Rp90 Juta, 3 Sindikat Ganjal ATM di Bekasi dan Jakarta Diciduk

Setelah diperoleh keterangan dari pemilik rental, dia lalu berkoordinasi dengan Unit Reskrim Polsek Cisauk dan Resmob Polres Tangsel. Rupanya di sana telah ada Laporan Polisi (LP) dengan modus kejahatan yang sama.

"Dari hasil penyelidikan ternyata betul 3 pelaku yang kabur dari TKP didukung bukti rekaman CCTV bahwa para pelaku yang dicurigai adalah spesialis pelaku ganjal ATM. Kasusnya sekarang ditangani Reskrim Polres," ujarnya.

Dalam rekaman CCTV yang diperlihatkan polisi terlihat 2 pelaku tengah memperdayai seorang perempuan di salah satu mesin ATM minimarket. Gelagat mereka seolah ingin membantu perempuan tersebut yang kartu ATM-nya tertelan. Aksi itu gagal diduga satu pelaku yang berada di luar menyuruh keduanya segera pergi ke luar minimarket.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2351 seconds (0.1#10.140)