Anies Siapkan JIExpo Kemayoran Tampung Lonjakan Pasien Covid-19

Jum'at, 02 Juli 2021 - 22:04 WIB
loading...
Anies Siapkan JIExpo Kemayoran Tampung Lonjakan Pasien Covid-19
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - JIExpo Kemayoran , Jakarta Pusat bakal menjadi tempat penampungan tambahan pasien Covid-19 bila terjadi lonjakan signifikan kasus positif.

"Jadi, kita harus sama-sama aktif mengidentifikasi (penularan Covid). Kami juga sekarang melakukan penambahan tempat penampungan, termasuk di JIEXPO yang bisa menampung 24 ribu orang dan masing-masing wilayah disiapkan untuk menampung 5.000 orang. Kita tidak ingin bila terpapar tidak terlindungi, tidak terlayani, bawa, antar, kami akan siapkan," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan , Jumat (2/7/2021).

Dia memprediksi angka kasus Covid-19 per hari di Jakarta kemungkinan bisa mencapai 100 ribu per hari. Maka itu, dia meminta warga Jakarta turut berpartisipasi dalam memutus mata rantai Covid-19.
Baca juga: Anies Prediksi Kasus COVID-19 di Jakarta Berpotensi Tembus 100.000 Per Hari

"Hari ini kita memiliki 78 ribu kasus aktif, yang pernah kita miliki di Jakarta tertinggi 27 ribu bulan Februari 2021 sekarang 78 ribu. Besar kemungkinan ini mencapai 100 ribu dalam hitungan hari ke depan," katanya.

Semua komponen harus turun tangan dan berpartisipasi dalam memutus mata rantai Covid-19 di Jakarta. Adapun kebijakan pembatasan pada PPKM Darurat memang bakal menemui kesulitan, seperti dari segi ekonomi dan pangan, tapi itu bisa teratasi selama semua pihak saling bahu membahu.
Baca juga: Anies Minta Pengendara Menepi Jika Lihat Truk Dikawal, Kenapa Pak?

"Saya mengajak ke seluruh warga Jakarta, kita bantu sesama untuk Ketua RT dan Ketua RW agar menjadi garda terdepan, yang Insya Allah akan bisa melindungi sesama. Saya ingatkan seluruh warga Jakarta taati ketentuan, tinggal di rumah, dan penegakan akan dilakukan tanpa pandang bulu kecuali memang esensial, kecuali kritikal, kecuali mendesak dan mendasar," jelas Anies.

Manakala masyarakat butuh bantuan bisa mendatangi posko-posko penanganan Covid yang ada di kelurahan, yang mana dilakukan bersama unsur pemerintah daerah, Polri dan TNI. Saat menemukan warga yang dicurigai terpapar pun diharapkan mengunjungi posko dan jangan didiamkan saja.

Sebab saat didiamkan berpotensi menularkan ke orang lebih banyak lagi. Masyarakat juga diminta tetap optimistis Jakarta bakal bisa melewati situasi genting ini sehingga nanti menjadi tenang kembali mengingat pemerintah telah hadir melindungi dan mengayomi warga.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1794 seconds (0.1#10.140)