Peziarah Ricuh di TPU Tegal Alur, Petugas Tidak Seimbang Pagar Makam Jebol

loading...
Peziarah Ricuh di TPU Tegal Alur, Petugas Tidak Seimbang Pagar Makam Jebol
Sejumlah peziarah terlibat adu mulut dengan petugas yang melarang mereka masuk ke TPU Tegal Alur, Jumat (14/5/2021). Foto: IG @warungjurnalis,
JAKARTA - Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur yang berlokasi di Kalideres, Jakarta Barat, ramai didatangi peziarah pada hari kedua (H+2) Lebaran ini. Padahal TPU Tegal Alur ditutup selama libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Alhasil, sejumlah peziarah memaksa masuk hingga berujung ricuh. Kericuhan tidak terhindarkan antara peziarah dengan petugas jaga. Insiden itu pun terekam dalam sebuah video yang viral di media sosial.



"Ricuh peziarah jebol pagar makam," demikian judul unggahan akun Instagram @warung_jurnalis sebagaimana dilihat MNC, Jumat (14/5/2021).

Baca juga: Dilarang Ziarah Kubur, Seratusan Warga Ricuh dan Memaksa Masuk ke TPU Tegal Alur

Dalam video yang diunggah @warung_jurnalis, terlihat massa dan petugas bersitegang di depan pagar kompleks pemakaman. Mereka berhasil membuka pintu dan masuk ke dalamnya. Jumlah peziarah di TPU Tegal Alur memang tampak membeludak pada hari ini.

Kepala Satpol PP Jakarta Barat, Tamo Sijabat, membenarkan adanya keributan karena peziarah ngotot ingin masuk ke TPU Tegal Alur. Lantaran jumlah petugas dengan peziarah tidak seimbang, akhirnya mereka dibiarkan masuk ke dalam.

"Saya sudah maksimalkan 20 (personel Satpol PP) tapi karena banyak titik, bahkan tadi sempat hampir ribut juga karena ngotot maksa masuk, jadi yang pintu dari depan, belakang, samping saya bilang jangan dipaksakan kita bertahan," ujar Tamo kepada MNC, Jumat (14/5/2021).

Baca juga: TPU Tegal Alur Penuh, Jenazah Covid-19 Dimakamkan ke TPU Serengseng Sawah

Menurut Tamo, jumlah peziarah TPU Tegal Alur membeludak pada hari ini. Padahal Pemerintah Provinsi DKI sudah melarang aktivitas tersebut demi mencegah penularan virus corona. Karena kekurangan personel, alhasil petugas Satpol PP hanya memberikan imbauan agar peziarah menerapkan protokol kesehatan dan mempercepat pelaksanaan ziarah.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top