The Iconomics Dukung Perusahaan Berikan CSR Terbaik untuk Masyarakat

Kamis, 06 Mei 2021 - 06:25 WIB
loading...
The Iconomics Dukung Perusahaan Berikan CSR Terbaik untuk Masyarakat
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perusahaan seyogianya tidak hanya hadir untuk mencari profit dan imbal hasil untuk para pemegang saham. Tetapi, perusahaan juga harus memiliki kebermanfaatan lainnya kepada masyarakat hingga lingkungan.

Bagaimana pun keberadaan perusahaan di dunia ini akan melahirkan eksternalitas dari aktivitas-aktivitas yang dilakukannya. Oleh karena itu, perusahaan harus secara sukarela memberikan "kompensasi" kepada semua stakeholder.

Perusahaan biasanya mewujudkannya dalam program-program tanggung jawab perusahaan atau corporate social responsibility (CSR). Adanya CSR yang digelar oleh para perusahaan tidak hanya memberikan kebermanfaatan sosial hingga lingkungan, tapi juga akan memberikan dampak positif pada citra perusahaan.

Di tengah semakin banyaknya konsumen-konsumen yang memperhatikan nilai-nilai yang diusung oleh perusahaan, salah satunya yang tercermin dalam CSR, akan memberikan nilai tambah kepada perusahaan.

Perusahaan berlomba-lomba memberikan program-program CSR yang memiliki dampak besar kepada masyarakat dan lingkungannya. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, keberadaan program CSR akan sangat membantu meringankan permasalahan-permasalahan sosial di masyarakat.

The Iconomics sangat mendukung berbagai inovasi dan terobosan-terobosan yang dilakukan oleh perusahaan untuk CSR. Kali ini, melalui “Indonesia CSR Brand Equity Awards 2021”, pihaknya mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang berkontribusi dalam CSR.

“Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan dengan citra tanggung jawab sosial terbaik di kategori masing-masing,” kata Founder & CEO Iconomics Bram S Putro dalam keteragan tertulisnya, Kamis (6/5/2021).

Perusahaan-perusahaan yang menerima apresiasi ini melalui kajian CSR Brand Equity dengan melalui survei online pada 10 kota besar di Indonesia secara random kepada lebih dari 10 ribu responden. Dalam kajian tersebut ada 2 hal utama yang menjadi fokus kajian, yakni CSR-Activity Awareness dan CSR Image.

CSR-Activity Awareness melihat sejauh mana publik merasa mengetahui atau pernah melihat/mendengar tentang kegiatan CSR yang dilakukan oleh perusahaan. Adapun CSR Image mengenai sejauh mana publik merasa perusahaan bertanggung jawab secara sosial.

Penghargaan ini kiranya dapat memberikan inspirasi atau menjadi masukan-masukan antar perusahaan dalam memprogramkan CSR. Dengan demikian, CSR tidak hanya menjadi seremonial saja tapi memberikan dampak yang semakin luas dan semakin berkualitas.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1812 seconds (0.1#10.140)