Bisa Buka Tutup Setara Stadion di Eropa, Rangka Utama Atap JIS Diangkat Pekan Ini

Kamis, 22 April 2021 - 19:33 WIB
loading...
Bisa Buka Tutup Setara Stadion di Eropa, Rangka Utama Atap JIS Diangkat Pekan Ini
JIS akan menjadi stadion pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan atap buka tutup. Foto:@rfkyw #jktinfo
A A A
JAKARTA - BUMD DKI PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menargetkan pengangkatan rangka utama atap di proyek Jakarta International Stadium (JIS) dilakukan pada pekan ini, setelah mematangkan sejumlah persiapan yang sudah mendekati 100 persen.

Dikutip dari Instagram jakprogroup, atap JIS terdiri dari rangka atap baja utama (main truss) yang disambung menggunakan sistem space frame atau struktur sambungan baja yang memiliki rongga-rongga yang disambungkan ke atap utama stadion.



Berbentuk agak memanjang dengan ukuran 266 meter dan melintang dengan ukuran 240 meter. Salah satu milestone penting dalam penyelesaian konstruksi bangunan stadion JIS adalah pelaksanaan pengangkatan struktur baja atap.

Berat untuk komposisi rangka atap baja yang terdiri atas rangka utama dan pengisi rangka utama mencapai 3.900 ton dengan bentang mencapai 267 meter.

Direktur Proyek Jakarta International Stadium (JIS) Iwan Takwin sebelumnya mengatakan, salah satu milestone penting dalam penyelesaian konstruksi bangunan JIS adalah pelaksanaan pengangkatan struktur baja atap.



Pekerjaan ini merupakan bagian yang kritikal dalam pelaksanaannya. Diperlukan perencanaan, pelaksanaan, dan pegawasan yang detail dalam tiap-tiap bagian pekerjaan struktur atap tersebut.

JIS akan menjadi stadion pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan atap buka tutup (retractable roof). Dengan begitu, JIS tidak hanya menggelar pertandingan sepakbola saja, melainkan juga event besar lainnya, seperti exhibition maupun konser musik.

Dengan memiliki stadion atap buka tutup, JIS akan setara dengan stadion besar berstandar FIFA lainnya di Eropa maupun Asia. Misalnya stadion Johan Cruyff Arena di Belanda, Millenium di Wales, Pierre-Maurroy Stade di Prancis, Astana Arena di Kazakhstan, Shaoxing Stadium di Tiongkok, hingga National Stadium di Singapura.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1722 seconds (0.1#10.140)