Jakarta International Stadium Sabet Predikat Bangunan Ramah Lingkungan Level Tertinggi

Kamis, 22 April 2021 - 16:01 WIB
loading...
Jakarta International Stadium Sabet Predikat Bangunan Ramah Lingkungan Level Tertinggi
Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) telah mencapai 53,773%. Foto: SINDOnews/Komaruddin Bagja Arjawinangun
A A A
JAKARTA - Jakarta International Stadium (JIS) dibangun dengan memperhatikan setiap detail aspek yang berlaku dalam tatanan nilai standar global. Salah satunya ialah bangunan yang menerapkan skema green building (ramah lingkungan) dan memperhatikan sustainability.

Corporate Communications Manager PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Melisa Sjach mengatakan, sebagai milestone proyek pihaknya menargetkan JIS dapat memperoleh sertifikasi atau greenship level platinum, yakni predikat bangunan yang ramah lingkungan level tertinggi.



"Tentunya untuk mencapai titik itu harus melalui serangkaian proses dan sejumlah penilaian dari asesor terhadap indikator-indikator yang telah ditetapkan," kata Melisa di Jakarta, Kamis (22/4/2021).

Kini, JIS telah lolos greenship level platinum pada design recognition. Hal ini diketahui lantaran pada tanggal 11 Februari 2021, telah dilaksanakan sidang EAB (Evaluation Assessment Board) New Building 1.2 Online Design Recognition dengan kesimpulan sementara Jakarta International Stadium (JIS) memperoleh peringkat Platinum.

Adapun sertifikasi atau greenship yang dilakukan oleh PT Sertifikasi Bangunan Hijau (SBH), yang terafiliasi dengan lembaga sertifikasi Green Building Council Indonesia (GBCI). Sedangkan GBCI merupakan anggota dari World Green Building Council (WGBC) yang berpusat di Toronto, Kanada yang beranggotakan 102 negara di seluruh dunia.



Sementara itu, penilaian Greenship level platinum pada Design Recognition disandarkan kepada enam parameter greenship yaitu Appropriate Site Development (ASD), Energy Efficiency and Conservation, Water Conservation, Material Resources and Cycle, Indoor Health and Comfort, dan Building Environment Management.

Tujuan green building, secara umum untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan mengurangi dampak negatif terhadap kesehatan manusia yang menempati suatu bangunan.

Dampak negatif dapat muncul dari proses konstruksi hingga penggunaan suatu bagunan tersebut. Jadi diharapkan perencanaan suatu bangunan yang Green ini dapat mengantisipasi hal tersebut.

"Di sisi lain, hingga memasuki pekan ke-85 progres pembangunan stadion berstandar FIFA ini telah mencapai 53,773%. Artinya pembangunan JIS telah lebih dari separuh perjalanan di bulan April ini," tutupnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1664 seconds (0.1#10.140)