Bang Pi'ie Jawara Senen yang Menolak Diangkat Menjadi Komandan Cakrabirawa

Kamis, 22 April 2021 - 05:35 WIB
loading...
A A A
Pada masa itu memang hubungan antara ulama dengan para jagoan tidak konfrontatif. Bahkan, banyak jawara Betawi yang mendapat ilmu kanuragan dari para ulama. Kedekatan Bang Pi'ie dengan para ulama dapat dilihat dari hubungannya dengan Majelis Taklim Kwitang.

Syafi'ie merupakan anak Betawi kelahiran Pejaten, Jakarta Selatan, dan besar di Senen. Usai lulus Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (SSKAD) 1958 dengan pangkat Letkol, Syafi'ie yang memiliki 16 anak sering mengawal perjalanan Presiden Soekarno.

Oleh Bung Karno, Bang Pi'ie pernah ditawari jabatan Komandan Cakrabirawa, tapi Bang Pi'ie menolak. Mungkin karena keberhasilannya mengamankan Kota Jakarta, pada 24 Februari 1966, Bang Pi'ie oleh Bung Karno dilantik sebagai Menteri Pertahanan Nasional dalam Kabinet Dwikora yang disempurnakan.

Namun, setelah kabinet ini dibubarkan Soeharto melalui Supersemar pada 11 Maret 1966, Bang Pi'ie diburu. Semua tempat tinggal dan keluarganya selalu diperiksa. Bang Pi'ie kemudian ditahan tanpa pengadilan. Ketika dibebaskan dari tahanan militer, Bang Pi'ie sakit hingga mengembuskan napas terakhir pada 9 September 1982 pada usia 59 tahun.

Sumber: encyclopedia.jakarta-tourism.go.id
(hab)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2321 seconds (0.1#10.140)