Suasana Arus Balik Lebaran di Stasiun Pasar Senen Hari Ini

Sabtu, 13 April 2024 - 16:51 WIB
loading...
Suasana Arus Balik Lebaran di Stasiun Pasar Senen Hari Ini
Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat pada H+3 Lebaran atau Sabtu (13/4/2024). Foto/Dinar Fitra Maghiszha
A A A
JAKARTA - Puluhan ribu pemudik tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat pada H+3 Lebaran atau Sabtu (13/4/2024). Sejumlah pemudik terlihat berjalan ke luar pintu kedatangan.

Pantauan MNC Portal Indonesia (MPI) di lokasi, beberapa merupakan penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ), sedangkan lainnya merupakan pengguna commuter line. Tas ransel, koper, hingga kardus melekat dalam genggaman tangan pemudik arus balik ini.

Sebagian terlihat sedang menanti keluarga, sementara yang lain menunggu taksi online. Sejumlah petugas terlihat bersiaga di sejumlah titik, mulai dari staf KAI, Saka Bhayangkara, hingga beberapa personel TNI-Polri. Porter tampak ikut membantu meringankan beban barang bawaan pemudik.



Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko merinci sebanyak 17.000 penumpang datang dari Stasiun Pasar Senen. Jumlah ini merupakan 36,57% dari total kedatangan ke Jakarta yang mencapai 46.474 pemudik.

“Angka kedatangan akan terus bertambah seiring pemesanan tiket arus balik yang masih tersedia,” kata Ixfan kepada wartawan, Sabtu (13/4/2024).

Tak hanya kedatangan, beberapa penumpang juga masih melangsungkan perjalanan ke luar Jakarta. Ini terdiri dari mereka yang baru saja mudik, pelancong yang berlibur, hingga mereka yang mempunyai kampung halaman di Jakarta tetapi tinggal di daerah luar.

Geliat arus balik masih berlangsung setidaknya hingga 15 April mendatang. KAI memprediksi akan ada 44 - 46 ribu pemudik per hari yang membanjiri Jakarta.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1712 seconds (0.1#10.140)