Wisuda Daring Universitas Pancasila, Rektor Berpesan Tetap Jaga Nilai Pancasila

Rabu, 14 April 2021 - 19:10 WIB
loading...
Wisuda Daring Universitas Pancasila, Rektor Berpesan Tetap Jaga Nilai Pancasila
Universitas Pancasila melaksanakan wisuda semester gasal 2020/2021 secara daring.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Universitas Pancasila melaksanakan wisuda semester gasal 2020/2021 secara daring dengan tema ‘Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Sebagai Perwujudan Membangun Lulusan Yang APIK (Adaptif, Produktif, Inovatif, Kontributif)’.

Anggota III Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia yang juga alumni Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pancasila, Achsanul Qosasi memberikan orasi ilmiahnya. Dalam wisuda daring tersebut Universitas Pancasila meluluskan sebanyak 989 wisudawan dari berbagai jenjang pendidikan, mulai ahli madya, sarjana, profesi apoteker, magister dan doktor.

Dengan tambahan kelulusan ini, tercatat UP telah sejak didirikan pada tanggal 28 Oktober 1966 memiliki 65.481 alumni dari berbagai program studi. Mulai bulan Februari 2021, UP telah menerapkan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Hal ini sebagai bentuk komitmen terhadap kebijakan MBKM yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020. Penerapan MBKM di Universitas Pancasila dilakukan untuk beberapa kegiatan.

“Mahasiswa diberikan hak belajar selama 3 semester atau setara dengan 40 sks untuk belajar, baik di dalam Universitas ataupun di luar Universitas, dalam bentuk Pertukaran Pelajar, Magang, Riset, dan KKN Tematik serta proyek independen,” katanya, Rabu (14/4/2021).

Untuk mendukung kegiatan kampus merdeka belajar kampus merdeka (MBKM), Rektor UP telah menandatangani MoU dengan Universitas Indonesia, Universitas Trisakti, Universitas Padjajaran Bandung dan Universitas Diponegoro. Untuk mendukung program magang mahasiswa, Rektor UP telah menandatangani MoU dengan Moratelindo, Perindo dan Telkom.

“Penerapan MBKM ini tentu terlaksana karena bekerja sama dengan mitra dalam ekosistem MBKM, dengan berkolaborasi dan bersinergi untuk memberikan pengalaman terbaik bagi mahasiswa kami, demi terciptanya lulusan yang profesional dan unggul. Hal ini juga sesuai dengan konsep pentahelix, yaitu Perguruan Tinggi berkolaborasi dengan Dunia Usaha Dunia Industri, masyarakat, pemerintah dan media,” ungkapnya.

Rektor juga berpesan kepada seluruh wisudawan agar terus mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila yang telah diajarkan selama mengenyam pendidikan di Universitas Pancasila.

“Universitas Pancasila sebagai Institusi Pendidikan menyandang nama dasar dan ideologi negara serta falsafah hidup bangsa Indonesia yakni Pancasila, maka disamping nilai-nilai Pancasila diberikan dalam bentuk Mata Kuliah Wajib dalam kurikulum masing-masing program studi, saya percaya bahwa seluruh wisudawan/wisudawati juga tetap memiliki semangat, jiwa, kepribadian dan budaya Pancasila. Nilai-nilai luhur Pancasila hendaknya diimplementasikan dalam berbagai aspek kehidupan baik di lingkungan keluarga, ditempat kerja, di masyarakat dan dimanapun Saudara berkarya,” ucapnya.

Rektor juga menyampaikan informasi tentang perkembangan Universitas Pancasila pada tahun 2020 sampai Maret 2021, baik di bidang akademik maupun non-akademik. Sebanyak 4 Mahasiswa UP berhasil terpilih pada Program MB-KM BANGKIT mahasiswa magang di dunia teknologi yang didesain melalui kemitraan Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, dengan Google, Gojek, Tokopedia, Traveloka sebagai pelaku teknologi global, unicorn dan decacorn.

“Sebanyak 32 Mahasiswa UP berhasil lolos seleksi mengikuti Program MB-KM Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021, dari Kemendikbud yang melibatkan Mahasiswa dalam Penguatan Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi di seluruh Indonesia. Sebanyak 68 Mahasiswa Magang di 20 BUMN,” pungkasnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2812 seconds (0.1#10.140)