Viral Gerakan Mirip Salat Secepat Kilat, MUI: Itu Ibadah Ajaran Agama Apa?

Minggu, 11 April 2021 - 18:03 WIB
loading...
Viral Gerakan Mirip Salat Secepat Kilat, MUI: Itu Ibadah Ajaran Agama Apa?
Tiga orang anak-anak, dua pria sebagai makmum dan satu orang sebagai Imam memperagakan gerakan mirip salat.Foto/Tangkapan Layar/Istimewa
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menanggapi viralnya gerakan mirip salat yang dilakukan secepat kilat. Tak hanya itu, para pemeran dalam video itu juga berkomatkamit tanpa membaca doa layaknya orang salat.

"Itu ibadah dalam ajaran agama apa? Kalau dalam agama Islam ibadah dengan cara seperti itu tidak ada. Dan kalau ada orang Islam yang salat seperti itu, maka itu jelas-jelas melanggar tentang ketentuan tentang salat yang diajarkan agama Islam," kata Anwar ketika dihubungi Sindonews, Minggu (11/4/2021).

Menurutnya, apabila pemeran dalam video tersebut beragama Islam perlu ditanyakan lagi perihal dalil yang mendasari dirinya melakukan tindakan tersebut.

"Dan kalau mereka menyatakan dirinya orang Islam maka itu sudah jelas merupakan ajaran yang sesat karena tidak sesuai dengan ketentuan yang ada. Saya sudah berumur 66 tahun baru sekali ini melihat dan mendengar ada orang yang katanya islam lalu salat kayak orang gila begitu," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, Sebuah video viral yang menampilkan tiga orang anak-anak, dua pria sebagai makmum dan satu orang sebagai Imam memperagakan gerakan mirip salat. Video itu tersebar luas di aplikasi percakapan WhatsApp dan media sosial lainnya.

Video berdurasi 1 menit 20 detik itu terlihat seperti orang salat tarawih. Dimulai dengan takbiratul ihram, sang Imam membaca surat secara komat kamit tidak jelas. Setelah itu mereka membuat gerakan rukuk. Parahnya, mereka menjeda dengan melakukan loncatan setiap berganti gerakan.

Usai rukuk, mereka loncat untuk melakukan sujud dan begitu seterusnya sampai salam. Sang Imam kemudian berdiri lagi untuk mengerjakan salat dua rakaat dengan gerakan yang sama. Sesudah mempraktekan gerakan mirip salat itu, Imam langsung memimpin doa yang secara cepat atau berkomat kamit.

Pakaian keenam orang itu memakai gamis dengan kepala terbungkus sorban. Bahkan mereka sampai menutup wajah mereka. Belum diketahui di mana video itu dibuat.
Tak ada kalimat doa atau yang menyerupai bacaan salat yang diucapkan oleh Imam maupun jemaah. Mereka hanya komat kamit saja sembari meneruskan gerakan mirip salat.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)