Generasi Z Berlomba Mengejar Materi, Apakah Kunci Meraih Kebahagiaan?

Kamis, 04 Februari 2021 - 11:26 WIB
loading...
Generasi Z Berlomba Mengejar Materi, Apakah Kunci Meraih Kebahagiaan?
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
DEPOK - Pada usia dewasa awal antara 20-40 tahun, tugas perkembangan manusia adalah menjadi mandiri. Di usia kelompok Generasi Z ini seseorang harus menemukan pekerjaan yang sesuai dan mencari pasangan untuk membangun rumah tangga.

Sehingga, sangat wajar jika pada usia tersebut individu umumnya sangat terdorong untuk mengeksplorasi dirinya dan menemukan sesuatu yang sesuai dengan dirinya dan bekerja dengan keras.



Psikolog Universitas Pancasila (UP) Aully Grashinta menuturkan, pada usia ini, mereka memiliki energi yang cukup besar untuk bisa mendukung melakukan eksplorasi di banyak bidang. Mereka memiliki motif masing-masing untuk melakukan eksplorasi.

"Tentunya beda-beda latar belakang setiap orang, tetapi pada dasarnya motivasi ekonomi menjadi dasar," kata Shinta, Kamis (4/2/2021).

Dengan meraih kesuksesan maka keamanan finansial juga akan didapat. Dengan keamanan finansial maka mereka berharap akan merasa bahagia. "Secara psikologis, dengan demikian tugas perkembangan mereka pada tahap dewasa awal sudah tercapai," paparnya.



Pada saat ini memang media sosial memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk dapat menjadi terkenal. Terkenal ini seringkali diasosiasikan dengan sukses, sukses diasosiasikan dengan kekayaan. Youtube adalah salah satu platform yang memungkinkan orang untuk dapat meraih keuntungan yang cukup besar.

"Teknologi saat ini memudahkan seseorang untuk menjadi terkenal dan sukses karena hilangnya batas-batas akses, waktu, dan jarak. Hal ini agak berbeda dengan masa sebelumnya di mana kesuksesan seseorang belum tentu bisa dilihat oleh orang lain kecuali dengan bertemu langsung," bebernya.

Namun demikian, tentu saja hal-hal prinsip untuk meraih sukses secara umum mereka lakukan yakni dengan bekerja keras, melakukan diferensiasi (pembeda dengan Youtuber yang lain), dan terus melakukan inovasi. Meski tidak secara ilmiah, mereka melakukan riset yang membuat mereka produk mereka menjadi berbeda dan diminati oleh masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2261 seconds (0.1#10.140)