Masjid Al Aqsha di Tangsel Luncurkan LAZ dan Program Scholarship

Senin, 25 Januari 2021 - 06:49 WIB
loading...
Masjid Al Aqsha di Tangsel Luncurkan LAZ dan Program Scholarship
Salah seorang jamaah Masjid Al Aqsha tengan berjalan di depan masjid yang terletak di BSD, Serpong, Tangsel. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Masjid Al Aqsha Delatinos yang terletak di kawasan BSD, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), kembali meluncurkan program untuk ummat Lembaga Amil Zakat (LAZ) dan Aqsha Scholarship secara virtual. Peluncuran ini melengkapi berbagai sarana untuk masyarakat yang sudah ada sebelumnya, misalnya Madrasah Bisnis Al Alqsha, Klinik serta Aqshamart.

Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie yang ikut dalam peluncuran itu berharap, agar kedua lembaga itu memberikan banyak bantuan kepada masyarakat. “Saya sangat berharap bahwa LAZ Al Aqsha bukan hanya menghimpun dana secara maksimal di Tangsel tapi penyalurannya dapat dioptimalisasi bukan hanya untuk Scholarship namun masyarakat menerima manfaat secara ekonomi," imbuhnya.

Dia menjelaskan, jika kolaborasi dapat diwujudkan secara bersama untuk membangun Tangsel. Menurutnya, DKM Masjid Al Aqsha tidak pernah berhenti berinovasi untuk kemajuan umat. "Saya tahu betul DKM Masjid Al Aqsha tidak pernah berhenti berinovasi dari sejak saya pernah tinggal di Latinos ini. Sampai hari ini terus menimbulkan program-program yang bermanfaat di kota tangerang selatan" ujarnya.

Dia juga menyemangati para penerima beasiswa agar terusoptimistis meraih masa depan. Karena masih banyak orang yang kurang beruntung namun tetap semangat meniti kehidupan.

"Selamat kepada penerima beasiswa, hayo jangan putus asa. Kita tentu prihatin kepada Aisyah seorang mualaf yang ibu bapaknya meninggal karena Covid-19. Hari ini masih dirawat di rumah lawan Covid-19 tapi Insya Allah pemkot akan mengulurkan tangannya dan akan memberikan program yang terbaik untuk orang-orang yang kurang beruntung seperti aisyah dan yang lain," katanya.

Direktur LAZ Al Aqsha, Sova Budiman mengatakan, penerimaan dana zakat, infak dan shadakah di Masjid Al Aqsha De Latinos sebelumnya hanya terbatas di lingkungan masjid, namun setelah adanya LAZ diharapkan akan lebih luas.

"Total muzaki kita 700 orang karena di lingkungan masjid, tapi dengan hadirnya LAZ ini dari warga Tangerang Selatan (Tangsel) sekitar 1,6 juta, 80 persen muslim, kami targetkan sekitar 3.000 orang menjadj muzaki," kata Sova dalam keterangannya, Senin (25/1/2021).

Masjid Al Aqsha merupakan masjid kedua yang sudah memiliki izin lembaga amil zakat di Tangsel. Langkah ini menurut Sofa bisa menjadikan masjid sebagai penggerak ekonomi ummat. Sofa yang sebelumnya juga menggagas Madrasah Bisnis Al Aqsha (MBA) yang memberikan pendampingan kepada para bakul dan pemain ekonomi mikro sudah membuktikan hasilnya.

“Mereka bisa bebas dari jeratan rentenir,” kata Sova senang. Dan diharapkan dengan LAZ dan gerakan beasiswa ini, masjid tidak hanya tempat ibadah, namun mengamalkan Islam yang rahmatan lil alamin.

Dia mengatakan jika LAZ Al Aqsha akan dikelola secara profesional sehingga pada 2020 dibentuk sudah terbentuk tim seperti dewan syariah, dewan pengawas manajemen dan lainnya. "Zakat, infak, shadakah lebih dari Rp5 miliar di 2020. InsyaAllah akan lebih memberikan manfaat, " ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DKM Masjid Al Aqsha Alfi Abu Humaira menjelaskan saat ini penerima Aqsha scholarship yang telah lolos dari seleksi sebanyak 23 siswa-siswi di tingkat SMA di sekitar Tangsel. Penerima beasiswa tidak hanya mendapatkan dana pendidikan namun juga program lainnya.

"Selain menerima pendanaan ada juga bimbingan-bimbingan melalui program Aqsha Scholarship, " kata Abu Humaira.

Dia mengungkapkan jika hal tersebut merupakan capaian terbaru di masjid Al Aqsha. Menurutnya berdakwah bukan hanya di dalam masjid namun bisa melalui banyak hal.

"Selain lompatan baru lembaga amil zakat dan beasiswa, kami juga ada Aqsha Mart dan Aqsha Klinik untuk kesehatan umat. selain itu ada Aqsha Mualaf Center yang melayani para mualaf melakukan pembinaan," ujar Abu Humaira.

"Dengan hadirnya Al Aqsha Insya Allah ini menjadi solusi bagi jamaah di Tangerang Selatan. kalau selama ini mungkin ragu untuk menyalurkan zakat silahkan mampir ke kantor kami untuk melayani setiap hari, " pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2018 seconds (0.1#10.140)