Soal Kesehatan Habib Rizieq, Kuasa Hukum dan Polda Metro Beda Pendapat

Sabtu, 09 Januari 2021 - 06:53 WIB
loading...
Soal Kesehatan Habib Rizieq, Kuasa Hukum dan Polda Metro Beda Pendapat
Habib Rizieq Shihab saat tiba di Mapolda Metro Jaya untuk diperiksa sebagai tersangka kasus kerumunan di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Foto/Dok/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Ada perbedaan pendapat antara Polda Metro Jaya dan kuasa hukum terkait kesehatan Habib Rizieq Shihab yang tengah menghuni sel rumah tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya.

Berdasarkan keterangan kuasa hukum Habib Rizieq Shihab, Sugito Atmo Prawiro, kondisi kliennya itu sangat mengkhawatirkan. Imam besar FPI itu sempat mengalami sesak napas dan hampir pingsan pada 1 Januari 2021.

"Kondisi Habib Rizieq sangat mengkhawatirkan, bahkan pada waktu malam itu kondisinya sangat darurat," kata Sugito saat dikonfirmasi MNC Media, Jumat 8 Januari 2021. ( )

Berdasarkan kabar yang diterimanya, kata Sugito, Habib Rizieq mengalami sakit asam lambung akut. Kliennya juga sempat sesak napas pada 1 Januari 2021 dan meminta pertolongan lewat CCTV yang terpasang di depan kamar selnya.

Menurut Sugito, kondisi Habib Rizieq semakin mengkhawatirkan lantaran ia merasa seperti diisolasi. Sehingga kesulitan ketika sedang sakit. ( )

"Sekarang ini beliau itu kan di dalam tahanan tapi posisi tahanannya seperti isolasi, jadi dia tidak bisa berkomunikasi dengan tahanan tetangga lainnya, dia juga tidak keluar, dia hanya bisa solat dan membaca buku," ungkapnya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus memastikan bahwa kondisi kesehatan Rizieq Shihab saat ini dalam kondisi baik. ( )

"Kondisi sekarang bagus tadi baru dicek lagi. Kita SOP (Standar Operasional Prosedur) untuk kesehatan dia itu kita lakukan betul pengecekan didampingi oleh MER-C," kata Yusri di Polda Metro Jaya.

Yusri mengatakan, pihaknya akan memastikan kesehatan Habib Rizieq Shihab. Bahkan, kata dia, tahanan kerumunan itu juga didampingi tim dokter pribadi Habib Rizieq dari MER-C.

"Kan kita lakukan SOP. Dari pertama sudah saya sampaikan tim kesehatan kita itu nempel terus. Bahkan dia meminta didampingi dari tim MER-C sama kita," tambahnya.

Namun demikian Yusri mengakui bahwa Habib Rizieq sempat mengalami sakit lantaran asam lambung. Pihaknya kemudian memberikan oksigen namun ditolak, karena ingin oksigen langsung dari pihak Habib Rizieq.

"Selama ini Rizieq kemana pun itu bawa tabung oksigen kemarin pada saat dia tidak enak badan karena ada asam lambung kita siapkan oksigen. Ada CCTV nya ada semua kita kasih enggak mau, dia maunya oksigennya dia," tandasnya.

(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2501 seconds (0.1#10.140)