Tangani Kesehatan Habib Rizieq, MER-C juga Kerap Bertugas di Daerah Konflik

loading...
Tangani Kesehatan Habib Rizieq, MER-C juga Kerap Bertugas di Daerah Konflik
MER-C (Medical Emergency Rescue Committee) mendadak terkenal setelah dipercaya Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) menangani kesehatannya. Foto: Dok SINDOnews
JAKARTA - Lembaga Kesehatan MER-C (Medical Emergency Rescue Committee) mendadak terkenal setelah dipercaya Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) menangani kesehatannya. MER-C juga tetap merahasiakan hasil tes swab Habib Rizieq meski didorong berbagai pihak.

Dikutip dari situs resmi mer-c.org, MER-C adalah organisasi sosial kemanusiaan yang bergerak dalam bidang kegawatdaruratan medis dan mempunyai sifat amanah, profesional, netral, mandiri, sukarela, dan mobilitas tinggi.

Didirikan sejak 1999 lalu, MER-C berasaskan Islam dan berpegang pada prinsip rahmatan lil'aalamiin, dalam hal ini pertolongan kepada semua makhluk baik personal maupun kelompok tanpa melihat latar belakang, agama, mazhab, harakah, kebangsaan, etnis, golongan, politik, penjahat/bukan, pemberontak/bukan melainkan atas dasar urgency yaitu to help the most vulnerable people and the most neglected people. (Baca juga: Viral Hasil Swab Habib Rizieq Shihab, MER-C: Kami Tak Pernah Keluarkan Surat Itu)

"Atas dasar inilah MER-C menjalankan misi kemanusiaannya ke Afghanistan, Irak, Iran, Palestina, Lebanon Selatan, Kashmir, Sudan, Filipina Selatan, dan Thailand Selatan. Begitu juga ketika mengawal kesehatan ustad Abu Bakar Baasyir, ustad Abu Jibril, almarhumah istri almarhum Panglima GAM Ishak Daud, orang-orang yang dipenjara karena tuduhan teroris (almarhum Imam Samudera, Amrozi, Ali Gufron, dan lain-lain) dan narkoba, serta Komjen Pol Susno Duaji," seperti dikutip dari mer-c.org, Kamis (3/12/2020).



Dikutip dari laman yang sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun telah memberikan testimoni terhadap MER-C. (Baca juga: Tes Swab Habib Rizieq Diam-diam, MER-C: Nah, Ini yang Harus Diclearkan)

"Ini adalah sebuah ikhtiar mulia membela perjuangan warga Palestina untuk meraih kemerdekaan. MER-C sudah menjadi wakil kita di garda terdepan hadir langsung di tanah Palestina untuk memastikan bahwa warga Palestina terjamin kesehatannya. Ikhtiar melalui rumah sakit adalah sesuatu yang menjadi kebutuhan mendasar. Apalagi di zona di mana pertempuran sedang berlangsung. Saya ikut bangga, saya salut dan insyaallah akan dukung terus. Kita semua perlu mendukung MER-C," ujar Anies.

MER-C sudah mengirimkan lebih dari 124 misi kemanusiaan ke berbagai daerah di tanah air termasuk 2 misi ke Afghanistan, 1 misi ke Irak, 1 misi ke Iran (di bawah naungan Departemen Kesehatan), 1 misi ke Thailand, 2 misi ke Kashmir Pakistan, 1 misi ke Lebanon Selatan, 1 misi ke Sudan, 1 misi ke Somalia, 2 misi ke Palestina (pada saat agresi militer Israel ke Jalur Gaza), serta 5 misi ke Palestina yang berkaitan dengan pembangunan RS Indonesia.
(jon)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top